PERBANDINGAN EFEKTIFITAS METODE SEVEN JUMPS DENGAN METODE INTERACTIVE SKILL STATION (ISS) PADA MAHASISWA PSIK FK UNSYIAH

Hilman Syarif, Hajjul Kamil

Abstract


Paradigma baru pengembangan pendidikan tinggi memberikan arahan untuk melaksanakan kurikulum
berbasis kompetensi dengan pendekatan student centered learning (SCL). Program Studi Ilmu Keperawatan
Fakultas kedokteran Universitas Syiah Kuala (PSIK FK Unsyiah) adalah salah satu program studi yang sudah
mengaplikasikan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) sejak bulan Juli 2010. Pendekatan pembelajaran
yang digunakan adalah problem based learning (PBL) dengan metode seven jump dan interactive skill
station (ISS). Sampai saat ini belum ada penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi perbedaan
efektifitas kedua metode. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbandingan efektifitas
metode seven jump dan ISS pada Mahasiswa PSIK FK Unsyiah. Desain penelitian ini adalah studi
komparatif. Sampel penelitian terdiri dari 94 mahasiswa PSIK FK Unsyiah, terdiri dari 47 mahasiswa yang
menggunakan metode seven jump dan 47 mahasiswa pada metode ISS. Metode pengambilan sampel adalah
total sampling. Data peningkatan pengetahuan didapatkan dengan membandingkan pengetahuan mahasiswa
pada saat pretes dengan postes pada kedua metode. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan
pengetahuan mahasiswa pada kelompok yang menggunakan seven jump sebanyak 17.02, sementara pada
kelompok yang menggunakan metode ISS sebanyak 16.51. Hasil analisis berikutnya menunjukkan tidak ada
perbedaan yang signifikan efektifitas metode seven jump dan ISS (p value=0,845; α=0,05). Kesimpulan
penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan efektifitas metode seven jump dan ISS (p
value=0,845; α=0,05). Rekomendasi penelitian ini kepada manajemen PSIK FK Unsyiah, agar dapat
mempertahankan metode seven jump dan ISS serta mengembangkan metode- metode pembelajaran lain yang
dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa.
Kata kunci: seven jumps, ISS, PSIK FK Unsyiah 

Full Text:

Download PDF


DOI: https://doi.org/10.52199/inj.v4i2.1560

Article Metrics

Abstract view : 0 times
Download PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail: inj@usk.ac.id


indexed by:

DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR

Lisensi Creative Commons
Idea Nursing Journal (INJ) is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License