KEPUASAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH
Abstract
Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang berupaya memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Berbagai faktor yang terkait dengan kepuasan peserta JKN dalam menilai pelayanan diantaranya karakteristik, sumber daya manusia puskesmas, serta kebijakan yang dijalankan. Dalam upaya monitoring dan evaluasi progam JKN perlu ditinjau segi kepesertaan dan kepuasan yang diasakan pada pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kepuasan peserta JKN pada pelayanan di Puskesmas Kuta Aalam Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif eksploratif. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 24.758 di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan metode accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Instrument yang digunakan untuk melihat kepuasan menggunakan SERQUAL dengan nilai reliabilitas 0.80. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis univariat didapatkan hasil gambaran kepuasan peserta JKN pada pelayanan kesehatan di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh adalah puas yaitu sebanyak 68%. Direkomendasikan kepada puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan standard pelayanan.
Kata Kunci: Kepuasan, JKN, PuskesmasFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52199/inj.v11i3.20662
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INJ
IDEA NURSING JURNAL
ISSN (Print) : 2087-2879
ISSN (Online) : 2580-2445
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail: inj@usk.ac.id
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Idea Nursing Journal (INJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License