HUBUNGAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN KEMAMPUAN KELUARGA MENSTIMULASI PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL TODDLER DI ACEH BESAR

Hasniah Hasniah

Abstract


Toddler di Indonesia tercatat dalam jumlah besar. Tumbuh kembang toddler perlu mendapat perhatian. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik, dengan pendekatan cross sectional study. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pendidikan kesehatan dengan kemampuan keluarga dalam stimulasi perkembangan psikososial toddler di Kuta Malaka Aceh Besar. Populasi penelitian keluarga dengan toddler. Sampel penelitian keseluruhan populasi keluarga dengan toddler, 60 keluarga (total sampel). Data dianalisis secara univariat untuk mengetahui presentase tiap-tiap variabel dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil analisis univariat 88,3% keluarga memahami pendidikan kesehatan, kemampuan kognitif  keluarga 78,3% mampu, kemampuan psikomotor keluarga 83,3% mampu. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan antara pendidikan kesehatan dengan kemampuan kognitif keluarga  (p value < 0,05). Ada hubungan antara pendidikan kesehatan dengan kemampuan psikomotor keluarga (p value < 0.05). Rekomendasi penelitian ini dapat dilakukan penelitian lanjutan untuk melihat efektifitas pendidikan kesehatan terhadap stimulasi perkembangan toddler, dilanjutkan penelitian intervensi untuk melihat pengaruh antara intervensi yang diberikan dengan perkembangan toddler.

Kata kunci: psikososial, toddler, stimulasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52199/inj.v11i3.20810

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail: inj@usk.ac.id


indexed by:

DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR

Lisensi Creative Commons
Idea Nursing Journal (INJ) is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License