HUBUNGAN REINFORCEMENT KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
Stigma negatif yang berkembang di kalangan masyarakat terhadap ABK mempengaruhi dukungan keluarga khususnya orang tua kepada anak, berdasarkan data dari Kemendikbud (2009) hanya 14,4% ABK berada di institusi seperti sekolah, panti dan lembaga kesejahteraan anak. ABK juga mampu berprestasi baik pendidikan formal maupun informal jika memperoleh dukungan dari lingkungan sekitar, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan reinforcement yang diberikan keluarga dengan prestasi belajar anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini adalah descriptive correlation dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian ini adalah semua ibu dari 202 siswa di SLBN Kota Langsa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 ibu. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala Likert. Hasil penelitian ini didapatkan terdapat hubungan antara reinforcement yang diberikan orang tua dengan prestasi ABK di SLBN Kota Langsa dengan nilai p-value = 0,030. Disarankan kepada pihak sekolah agar memberikan pelatihan kepada orang tua terkait pentingnya pemberian reinforcement kepada anak sehingga anak akan merasa dihargai yang tentunya akan berdampak pada prestasi belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52199/inj.v13i1.22571
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INJ
IDEA NURSING JURNAL
ISSN (Print) : 2087-2879
ISSN (Online) : 2580-2445
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail: inj@usk.ac.id
Idea Nursing Journal (INJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License