KOMPETENSI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGINTERPRETASI EKG MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI

Sri Wardani, Devi Darliana, Ahyana Ahyana

Abstract


Kompetensi dibutuhkan dalam  melakukan suatu tugas. Pembentukan kompetensi melibatkan tiga domain pembelajaran, yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa S1 keperawatan adalah interpretasi EKG. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kompetensi mahasiswa keperawatan dalam menginterpretasi EKG melalui pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala semester 3 yang mengambil mata kuliah KDS I  dengan jumlah 149 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner interpretasi EKG dengan nilai reabulitas 0.918. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa keperawatan dalam menginterpretasi EKG berada pada kategori cukup (60,4%), dengan pengetahuan yang cukup (47,7%), keterampilan kurang (43,6%) dan sikap kurang percaya diri (59,1%). Kesimpulan dari penelitian adalah kompetensi mahasiswa keperawatan dalam menginterpretasi EKG berada pada kategori cukup, namun keterampilan dalam menginterpretasi EKG masih kurang. Diharapkan kepada institusi pendidikan agar memfasilitasi mahasiwa untuk dapat belajar dan berlatih interpretasi EKG secara berulang sehingga mahasiswa mampu menginterpretasi EKG walaupun pembelajaran dilakukan dalam waktu yang singkat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52199/inj.v13i3.25208

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail: inj@usk.ac.id


indexed by:

DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR

Lisensi Creative Commons
Idea Nursing Journal (INJ) is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License