Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Tajwid berbasis Android

Arma Piana, Hendri Ahmadian, Mira Maisura, Aulia Syarif Aziz

Abstract


Media yang sangat terbatas dapat menyulitkan pelajar dalam memahami sebuah pelajaran yang diberikan oleh seorang guru, contohnya pada pembelajaran Ilmu Tajwid. Pada materi tersebut terdapat materi tentang cara pengucapan huruf hijaiyah, dimana pada pembelajaran ini memerlukan pengetahuan yang sangat baik, sehingga hal ini menjadi salah satu kendala terhadap peserta didik khususnya di MTsS Ashhabul Yamin Bakongan Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode UCD (user centered design) sebagai salah satu solusi agar penelitian ini berpusat pada kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengguna. Tahapan penelitian adalah, dengan melakukan rumusan masalah, studi literature, perancangan aplikasi, implementasi aplikasi, dan terakhir menggunakan metode SUS untuk mengukur kepuasan dari pengguna. Adapun lokasi penelitian dilaksanakan di sekolah menengah pertama MTsS Ashhabul Yamin Bakongan, Aceh Selatan. Berdasarkan hasil pengolahan respon dari responden diperolah nilai yaitu 77, 38% yang merepresentasikan grade B. Hal ini memiliki arti bahwa aplikasi yang telah dirancang memenuhi ekspektasi pengguna dan aplikasi dapat digunakan dengan baik oleh peserta didik yang ada di sekolah tersebut.


References


T. Listyorini dan A. Widodo, “Perancangan Mobile Learning Mata Kuliah Sistem Operasi Berbasis Android,” Jurnal Simetris, vol. 3, no. 1, pp. 25-30, 2013, doi: 10.24176/simet.v3i1.85.

W. Sahrani dan S. D. Lestari, “Aplikasi Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Berbasis Android pada SMA Negeri 1 Muara Teweh,” J. Sains dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 51–56, 2018, doi: 10.34128/jsi.v4i1.130.

H. Nadawiyyah dan D. Anggraeni, “Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis aplikasi Android,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 26–40, 2021, doi: 10.21831/jitp.v8i1.32661.

A. P. N. Erlina, S. Widodo, and A. D. Handayani, “Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual,” Vygotsky, vol. 3, no. 2, pp. 111-122, 2021, doi: 10.30736/voj.v3i2.403.

D. Suryani, M. Irfan, W. Uriawan, dan W. B. Zulfikar, “Implementasi Algoritma Divide And Conquer Pada Aplikasi Belajar Ilmu Tajwid,” J. Online Inform., vol. 1, no. 1, pp. 13-19, 2016, doi: 10.15575/join.v1i1.5.

M. Z. Abidin dan T. Listyorini, “Game Edukatif Membaca Al-Qur’an (Ilmu Tajwid) Berbasis Android,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2018, doi: 10.31598/sintechjournal.v1i1.153.

I. S. Y. Saputri, M. Fadli, dan I. Surya, “Implementasi E-Commerce Menggunakan Metode UCD (User Centered Design) Berbasis Web,” J. Aksara Komput. Terap., vol. 6, no. 2, pp. 269–278, 2017.

ISO, “ISO 9241-210_2019 - Ergonomics of human-system interaction — Part 210_ Human-centred design for interactive systems.” [Online]. Available: https://www.iso.org/standard/77520.html, 2019.

A. Sidik, S. Sn, dan M. Ds, “Penggunaan System Usability Scale ( SUS ) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile,” vol. 9, no. 2, pp. 83–88, 2018.


Full Text: PDF

DOI: 10.24815/j-sign.v1i2.35021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.