Aplikasi metode seismik pasif untuk penentuan zona prospek hidrokarbon di Kecamatan Aceh Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur

Rizqa Aulia Harisma, Bambang Setiawan, Hidayat Syah Putra*

Abstract


Secara administratif lokasi penelitian terletak di Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur dengan koordinat 4°27'34.63"- 4°24'27.21" Lintang Utara dan 97°53'53.07"- 97°53'53.45" Bujur Timur dengan luas area sebesar 24 Km2. Penelitian ini terletak pada Cekungan Sumatera Utara dan berada di Wilayah Kerja Kontraktor Kontrak Kerja Sama yang merupakan perusahaan-perusahaan yang memiliki hak eksplorasi dan ekploitasi minyak dan gas bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengaplikasikan metode seismik pasif untuk menentukan zona prospek hidrokarbon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengukuran sesmik pasif. Metode pengukuran seismik pasif dilakukan untuk melihat anomali spektrum frekuensi antara 1-6 Hz. metode seismik pasif ini dilakukan dengan cara pengukuran di setiap titik tentatif yang sudah di tentukan selama ±60 menit yang kemudian dipotong menjadi 20 menit dan diolah sehingga mendapatkan grafik spektrum.

Pengukuran dan pengolahan data sesmik pasif menghasilkan data berupa grafik dan integral yang kemudian diolah menjadi peta pesebaran Power Spectral Density (PSD). Berdasarkan data yang dihasilkan dengan mengkorelasi geologi regional dan sistem petroleum regional yang bekerja pada lokasi penelitian dapat disimpulkan bahwa daerah penelitian tidak memiliki Prospek Hidrokarbon.

Kata kunci: Seismik Pasif, Mikrotremor Hidrokarbon, Power Spectral Density


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.