PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR JIGSAW PADA MATERI SENI RUPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 MEULABOH
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini telah dilakukan pada materi Seni Rupa di SMP Negeri 3 Meulaboh melalui Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yakni siswa kelas VII/2 SMP Negeri 3 Meulaboh yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data diperoleh melalui test. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa penggunaan model pembelajaran Pair Jigsaw pada materi Seni Rupa dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 77,14 dengan persentase ketuntasan 78,57 %, dan terjadi peningkatan pada siklus II nilai rata-rata 82,14 dengan persentase ketuntasan 96,43%. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan hasil belajar yang belum menggunakan model konfensional. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran pair jigsaw pada materi Seni Rupa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu model pembelajaran pair jigsaw dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain.
Kata Kunci : Model Pair Jigsaw, Peningkatan Hasil Belajar
ABSTRACT
This research has been conducted on the material of Fine Arts at SMP Negeri 3 Meulaboh through Classroom Action Research. The research subjects were students of class VII/2 SMP Negeri 3 Meulaboh, totaling 28 students. The instrument used to collect data was obtained through a test. The results of the study can be explained that the use of the Pair Jigsaw learning model in the Fine Arts material can increase students' motivation and learning outcomes. In the first cycle, the average score was 77.14 with a completeness percentage of 78.57%, and an increase in the second cycle the average value was 82.14 with a completeness percentage of 96.43%. The results showed that there was a significant increase compared to learning outcomes that had not used conventional models. It can be concluded that the use of the pair jigsaw learning model in Fine Arts material can improve student learning outcomes. Therefore, the pair jigsaw learning model can be applied to other subjects.
Keywords: Pair Jigsaw Model, Improving Learning Outcomes
Full Text:
PDFReferences
Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada
Dimyati, Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka cipta.
Dalyono. M. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Darsono, Max. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Fadhly. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. [Online]. http://sumsel.kemenag.go.id/file/dokumen/modeljigsaw.
Fitriana., Rosmala Dewi. 2015. Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Vokasional Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Jidsaw di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO Se-Indonesia.http://jurnal.upi.edu/proceedingfptk/view/3026/Peran%20Guru%20dalam%20Meningkatkan%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20%20pada%20Pelajaran%20Vokasional%20Melalui%20Model%20%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Pair%20Jigsaw%20%20di%20SMP%20Negeri%2018%20Banda%20Aceh
Gunarso, S.D., Gunarso Y.D., 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta. BPK Gunung Mulia.
Hulock, B. 2005. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan K omunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jufri, A.Wahab. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Antara Teori dan Praktek. Jurnal Pijar MIPA Volume V No, 2. http/jurnalfkip.unram.ac.id
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurdin, Syafrudin. 2016. Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Educative Studies. Volume 1 No.1. http/ejournal.iainbukittinggi.ac.id
Ruchayanti Listiana, Rosmala Dewi, Fitriana. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Group Jidsaw pada Materi Pemanfaatan Tekstil untuk Benda Kerajinan di SMP Negeri 16 Takengon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Volume 2 No. 2. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/article/view/5629/0.
Sardiman. 2009. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Karya Cipta
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi :
Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.
E-mail : jbb_fkip@usk.ac.id
Website : https://jurnal.usk.ac.id/JBB