PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI PEMBUATAN POLA BLUS SESUAI MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 3 BANDA ACEH

Nur Lina, Rosmala Dewi, Zuraini Zuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan respon peserta didik dalam  meningkatkan hasil pada materi Pembuatan Pola Blus sesuai model di kelas X Busana 2SMKN 3 Banda Aceh. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian Aceh berjumlah 32 orang.  Pengumpulan data menggunakan tes (pre test dan post test), observasi, angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan guru pada siklus I sebesar 2.92, pada siklus II 3.08, pada siklus III menjadi 3.69 dengan kategori sangat baik.(2) Aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 50.6% pada siklus II menjadi 65% dan pada siklus III meningkat menjadi 85%. (3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I ketuntasan individual pada siklus I sebesar 60.6% pada siklus II menjadi 74.6% dan meningkat pada siklus III menjadi 90.6%.Ketuntasan klasikal  pada siklus I sebesar 15.6%, pada siklus II menjadi 62.2% dan meningkat pada siklus III 87.5%. (4) Respon peserta didik sebanyak 96.8% menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Togetherdapat membantu peserta didik dalam memahami materi, menetukan ukuran-ukuran yang dibutuhkan dan membuat pola sesuai model. Dapat disimpulkan bahwa pada siklus III peserta didik sangat aktif dalam pembelajaran  dengan menggunakan model pembelajaran Numbered HeadsTogether (NHT).

 

 Kata Kunci : Pembelajaran Numbered Heads Together(NHT), Pembuatan Pola, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arnis, Artati. 2020. Penggunaan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggeris Siswa pada Materi Teks Analytcal Exposition Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 14 Pekan Baru. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan. Volume 11 No. 1.

Fitriana dan Dewi, Rosmala. 2015. Peran Guru dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Vokasional Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type Pair Jidsaw di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Proseding Konvensi Nasional Aptekindo se Indonesia. https://bit.ly/3TRKoyR.

Muliana, Mutia Agisni, Nurdinah Hanifah, Jayadinata, Asep. 2016. Penerapan Kooperatif Type Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1 No. 1. E-Journal upi edu.

Muliawan, Porrie. 2011. Kontruksi Pola Busana Wanita. Jakarta, BPK Gunung Mulia.

Mahyiddin, Zuraini. 2018. Improving Motivation and Learning Outcomes of MTsN The Great Aceh Student in Vocational Prossesing. Subject Throung The Cooperative learning Model Think Pair and Share. Journal of Physics: Conf. Series 1232 (2019) 012034.

Nur Kholis. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. Volume 2 no. 1.

Nurul Fadhilah, Anizar Ahmad, Fitriana. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Edukasi pada Materi Bagian-Bagian Busana di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmih Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Vol 3 No. 4. https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/11948.

Rosmala Dewi, dkk. 2021. Dasar Busana. Banda Aceh: E_Book. Syiah Kuala University Press. https://shorturl.at/esACJ

Sri Rizki Fitria, Mukhirah. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Prakarya di MAN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Volume 1 No. 2. https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/5327

Setiawan, Guntur. 2004. Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Undang-Undang Repoblik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas.

Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi :

Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.

E-mail               : jbb_fkip@usk.ac.id

Website             : https://jurnal.usk.ac.id/JBB