PENGEMBANGAN DESAIN BUSANA MODIFIKASI ADAT GAYO MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MOODBOARD
Abstract
Mata kuliah Cipta Karya dan Desain Busana Khusus merupakan mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa pada Konsentarasi Tata Busana. Proses Pembelajaran dalam mendesain diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide dalam mendesain agar lebih mudah dalam mengerjakan sebuah pembuatan desain. Moodboard merupakan sebuah papan yang berisi kumpulan ide dalam bentuk potongan gambar, teks atau contoh dari suatu objek. Moodboard digunakan sebagai media yang mempermudah dalam menemukan dan mengembangkan kreativitas sebuah ide. Penelitian ini bertujuan untuk: Menghasilkan produk media pembelajaran berupa media moodboard pada Mata Kuliah Cipta Karya dan Desain Busana Khusus dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa media moodboard. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif kuliah yang akan menempuh Mata Kuliah Cipta Karya dan Desain Busana Khusus. Penentuan sampel menggunakan sampling sistematis sebanyak 12 mahasiswa dan melibatkan ahli materi dan ahli media dalam validasi produk. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dengan pengukuran Skala Likert untuk mendapatkan tanggapan dari ahli materi, ahli media serta mahasiswa terhadap media pembelajaran moodboard yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan moodboard dengan dua gagas yaitu gagas motif dan gagas warna. Hasil uji kelayakan berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media serta mahasiswa kelayakan media moodboard diperoleh 87 % dari ahli materi, 87% ahli media, dan 88% dari mahasiswa, sehingga media moodboard dinyakatan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Moodboard.
ABSTRACT
Family Welfare Education Study Program is a department where there is a concentration of Clothing and Catering. Cipta Karya and Special Clothing Design courses are courses that must be taken by students taking the Family Welfare Education Study Program Concentration of Fashion Design. The learning process in designing requires learning media that can assist students in developing ideas in designing to make it easier to work on a design. Moodboard is a board that contains a collection of ideas in the form of pieces of images, text or examples of an object. Moodboard is used as a medium that makes it easier to find and develop the creativity of an idea. This study aims to: produce learning media products in the form of moodboard media in courses, create works and special fashion designs and pay attention to learning media in the form of moodboard media. The population in this study is active college students who will take courses in creative works and special fashion design. Determining the sample using a systematic sampling of 12 students and involving material experts and media experts in product validation. The data collection method used the questionnaire method. By measuring the Likert Scale to get responses from material experts, media experts and to students the moodboard learning media that was developed. The test results were analyzed using descriptive analysis. Based on the assessments of material experts, media experts, and the use of moodboard media, 87% of material experts, 87% of media experts, and 88% by students of moodboard media were very suitable to be used as learning media.
Keywords: Feasibility, Development, Learning Media, Moodboard.
Full Text:
PDFReferences
Arifah, A. Riyanto. 2009. Dasar Desain Mode. Bandung : Universita Pendidikan Bandung
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bestari, A.G., dan Ishartiwi. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Mood Board Terhadap Pengetahuan Desain Busana Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 3(2): 121-137
Ernawati, dkk. 2008. Tata Busana Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Fadhilah, N., Ahmad, A., & Fitriana. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Edukasi pada Materi Bagian-Bagian Busana di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Volume 3 No. 4 https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/11948
Ferawati. 2013. Motif Kerawang Gayo Pada Busana Adat Pengantin di Aceh Tengah. Ekspresi Seni Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, Vol.15 No.1,pp.1-133
Hamid, A. & Mustofa. 2020. Media
Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Rohaeni, Heni dan Mulyadi, Y., 2013. Menggambar Busana. Bandung: CV. Yrama widya.
Sugioyo. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Surachman, Eman. 2016. Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Serta Profesionalitas Pendidik di SMPN 194 Jakarta. Jurnal Sarwahita. 13 (2), 111-119.
Widarwati, S., 2000. Desain Busana I. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.24815/jbb.v3i1.34608
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.
E-mail : jbb_fkip@usk.ac.id
Website : https://jurnal.usk.ac.id/JBB