Tamplate Artikel

JUDUL ARTIKEL ILMIAH (Berbahasa Indonesia dan Inggris)

(ARIAL 14, BOLD, CENTRE, HURUF KAPITAL, SPASI 1)

  Penulis 1, Penulis 2, Penulis 3

Lembaga Penulis 1, Lembaga Penulis 2, Lembaga Penulis 3

email: misalnya@gmail.com

  

Abstrak: Judul dalam bahasa Indonesia atau Inggris, dirumuskan dengan singkat dan jelas, tidak lebih dari 40 karakter, ditulis dengan huruf Arial, ukuran 14, bold, 1 spasi, margin tengah, huruf kapital dan kurang dari 12 kata. Topik diangkat atau merupakan hasil penelitian disertasi. Nama penulis semua tanpa gelar, ditulis dengan huruf Arial, ukuran 12 pts, bold, margin tengah. Nama lembaga pada baris kedua sesuai urutan lembaga penulis, ditulis dengan huruf Arial, ukuran 10, margin tengah.  Alamat email penulis pada baris ketiga. Jika ada penulis kedua dan seterusnya, penulisan identitas sama dengan penulis pertama. Untuk bahasa Inggris tulisan dicetak miring. Naskah Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia dengan huruf Arial, ukuran 10, 1 spasi. Panjang abstrak maksimum terdiri dari 250 kata. Abstrak berisi tujuan penelitian, metode, populasi, sampel, instrumen, dan hasil. Untuk abstrak dalam bahasa inggris ditulis italic. Kata kunci ditulis dengan huruf Arial, ukuran 10 pts, dibawah naskah abstrak. Tulisan kata kunci ditulis bold.

 

Kata kunci: kata kunci 1, kata kunci 2, dst

 

Artikel Ilmiah ditulis dengan format 1 kolom. Pendahuluan tidak perlu diberi judul, ditulis langsung setelah kata kunci, dengan huruf Arial, ukuran 12, spasi 2 di kertas A4, dengan margin kiri 4cm, kanan 3cm, atas 4cm, dan bawah 3cm dengan jumlah halaman ±20 halaman. Pendahuluan berisi latar belakang permasalahan yang didukung oleh konsep, teori dan hasil-hasil penelitian dari sumber-sumber pustaka yang relevan dan mutakhir. Diakhir pendahuluan disebutkan tujuan penulisan artikel atau penelitian secara jelas.

 

METODE (Level II)

Metode berisi jenis metode atau jenis pendekatan yang digunakan, uraian data kualitatif dan/atau kuantitatif, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data.

 

HASIL (Level II)

Hasil berisi jawaban dari permasalahan penelitian secara kuantitatif dan/atau kualitatif secara jelas, tepat dan lengkap yang dapat menggunakan informasi dalam bentuk gambar/grafik/tabel/uraian secara aktual.

 

PEMBAHASAN (Level II)

Pembahasan berisi ringkasan hasil penelitiannya, keterkaitan dengan konsep atau teori dan hasil penelitian lain yang relevan, interpretasi temuan, keterbatasan penelitian, serta  implikasinya terhadap perkembangan konsep atau keilmuan.

 

KESIMPULAN (Level II)

Kesimpulan berisi rangkuman jawaban atas permasalahan penelitian yang merupakan sumbangan terhadap perkembangan keilmuan.

 

Penulisan Tabel dan Gambar (Level III)

Tabel (Level IV)

Untuk format penulisan Tabel, judul Tabel berada di atas Tabel dan diberi nomor sesuai urutan tabel.

 

Judul Tabel dan nomor tabel ditulis dengan huruf Arial, ukuran 10 pts, margin tengah, untuk tulisan Tabel dan nomor tabel ditulis cetak tebal. Tulisan dalam tabel ditulis dengan huruf Arial, ukuran 10 pts, spasi 1. Baris pertama pada tabel (judul kolom) dicetak tebal.

 

Gambar  (Level IV)

Untuk format pencantuman Gambar, judul gambar berada di bawah gambar dan diberi nomor sesuai urutan gambar.

 

Judul Gambar dan nomor gambar ditulis dengan huruf Arial, ukuran 10 pts, margin tengah, untuk tulisan Gambar dan nomor tabel ditulis cetak tebal.

 

Penulisan Judul dan Subjudul (Level III)

Untuk penulisan Judul dan sub judul diatur dengan level/tingkatan sebagai berikut:

Level I : semua capital, bold, margin tengah, Arial ukuran 14 (contoh penulisan JUDUL ARTIKEL)

Level II : semua capital, bold, rapat kiri, Arial ukuran 12 (Contoh penulisan subjudul METODE, HASIL, PEMBAHASAN, KESIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA)

Level III : hanya huruf awal kata yang capital, bold, rapat kiri, Arial ukuran 12 (contoh penulisan subjudul Penulisan Tabel dan Gambar)

Level IV : hanya huruf awal yang capital, italic, rapat kiri, Arial ukuran 12 (contoh penulisan subjudul Tabel)

DAFTAR PUSTAKA (Level II)

Daftar pustaka berisi rujukan yang digunakan hanya dalam penulisan artikel ini. Format penulisan mengikuti format APA.