Pengembangan Modul Chemondroid Materi Tata Nama Senyawa untuk SMA/MA Kelas X

Adelina Nurmalitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul chemondroid materi tata nama senyawa, (2) mengetahui kualitas modul chemondroid materi tata nama senyawa berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul chemondroid materi tata nama senyawa untuk SMA/MA kelas X, dan  (4) mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan modul chemondroid materi tata nama senyawa berdasarkan observasi pada uji coba. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan angket. Subjek coba penelitian ini terdiri dari guru dan peserta didik SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 3D, yaitu tahap define, design, dan develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul chemondroid mendapat kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru dengan persentase keidealan masing-masing 81,82%. Selain itu berdasarkan respon peserta didik 86,67% dan observasi keterlaksanaan mendapat persentase sebesar 94,17%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/jcd.v8i1.8388

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CDA is indexed by: