Pengaruh Potongan Harga pada Aplikasi Shopee terhadap Pembelian Tidak Terencana Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi

Raihan Arafah, Amrusi Idris, Musfiana Musfiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potongan harga pada aplikasi shopee terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian tidak terencana (impulse buying). Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria memiliki aplikasi shopee dan pernah berbelanja pada shopee berjumlah 51 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research) yang berupa observasi awal dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji t. Berdasarkan hasil uji regresi ditemukan Y = 29,750 + 0,463X. Adapun koefisien regresi X sebesar 0,463 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai potongan harga, maka nilai perilaku konsumen dalam melakukan pembelian secara tidak terencana bertambah sebesar 29,750. Selanjutnya uji t pada taraf signifikan 5% hipotesis ditolak, dibuktikan dari nilai = 1,333< = 2.0096. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,035 atau sama dengan 3,5% mengandung arti bahwa variabel potongan harga dan variabel pembelian tidak terencana (impulse buying) secara kriteria dinyatakan lemah atau hanya berpengaruh sebesar 3,5%, sedangkan sisanya yaitu 99,65% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa potongan harga aplikasi shopee tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian tidak terencana (impulse buying) pada mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 Jurusan Pendidikan Ekonomi. Ini menunjukkan bahwa terdapat variabel dan ruang lingkup lain mempengaruhi pembelian tidak terencana (impulse buying) yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

 


Full Text:

PDF

References


Adilla Sosianika dan Niky Juliani.2017.Studi Tentang Perbedaan Perilaku Pembelian Impulsif Berdasarkan Karakteristik Konsumen.Jurnal Sigma-mu. Jurusan Administrasi Niaga: Politeknik Negeri Bandung.9(1).

Eranti. Erza Kurnia. 2017. Skripsi. Pengaruh Potongan Harga Pada Produk Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di UIN Raden Fatah Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah: Palembang.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajement Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakatra: Erlangga.

Loudon, David L dan Albert J. Della Bitta. 2006. Consumer Behavior: Concept and Applications. The United State of Amerika: McGraw-Hill Inc.

Rangkuti, F. 2019. Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Safitri, Lina Ayu. dan Chriswardana Bayu Dewa. 2020. Analisa Pengaruh New Normal Pada Pejualan Online Melalui e-commerce Shopee. Dalam Jurnal Ekonomi Manajement Sumber Daya.22(2). Universitas Bina Sarana Informatika: Kampus Yogyakarta.

Sekarsari, Larasati Ayu. 2013. Pengaruh servicescapes dan Hedonic Shopping Value Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada Konsumen di Giant Hypermarket Mall Olympic Garden (MOG) Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Brawijaya. 2(1).

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategy Pemasaran. Edisi Ke-13. Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.17529/jed.v3i2.30293

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi :

Jl. Teuku Nyak Arief No.441, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 23111

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JED

Creative Commons License

Jurnal Economica Didactica

by http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.