STRATEGI MARKETING MIX TOKO BUKU GRAMEDIA CABANG BANDA ACEH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN

Irma Anggraini, Eva Arumma, Amrusi Amrusi, Achmad Mustofa

Abstract


Pergerakan dunia usaha yang berkembang begitu pesat saat ini menempatkan begitu pentingnya ilmu manajemen pemasaran. Setiap pelaku usaha dituntut untuk memiliki strategi sistematis dan terukur sehingga dapat memperoleh keuntungan maksimal. Skripsi ini berjudul “Strategi marketing mix Toko Buku Gramedia Cabang Banda Aceh Dalam Meningkatkan Volume Penjualan”. Tujuan penelitian ini adalah (1) Penerapan strategi marketing mix Toko Buku Gramedia dalam meningkatkan volume penjualan, (2) Faktor-faktor yang menghambat penerapan strategi marketing mix terhadap penjualan buku. Jenis penelitian ini ialah deskriptif pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sujek dalm penelitian ini adalah Store Manajer Toko Buku Gramedia Cabang Banda Aceh dan Sales Superintendet yang bertanggung jawab dibagian strategi dan pelaksanaan pemasaran di Toko Buku Gramedia, sementara yang menjadi objek di penelitian ini ialah strategi marketing mix Toko Buku Gramedia Cabang Banda Aceh dalam meningkatkan volume penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi marketing mix di Toko Buku Gramedia Banda Aceh sudah sesuai dengan landasan teoritis baik dalam segi produk (product), tempat (place), harga (price), promosi (promotion), hal tersebut terlihat dari kemampuannya dalam meningkatkan volume penjualan. Adapun (2) Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaannya adalah efektivitas kegiatan promosi yang dilakukan, hal ini dilatar belakangi oleh pesan-pesan yang dipromosikan tidak sampai ke konsumen sehingga penjualan melalui platform Toko Buku Gramedia Banda Aceh (MyValue, Grago dan Gramedia.com) tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Dalam strategi harga, Toko Buku Gramedia senantiasa selalu memberikan penawaran-penawaran spesial berupa diskon dan lain sebagainya untuk menjaga loyalitas pelanggan dan menjaga citra image perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Abdul Manap. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Adhaghassani, F. S. 2016. Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7p (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) Di Cherryka Bakery. Jurnal Pendidikan Teknik Boga.

Alma, B. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anoraga, P. 2007. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Assauri, s. 2010. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basu Swastha, Manajemen Pemasaran, Bandung: Remaja Karya, 2005.

Catur, H. 2012. Analisis pengaruh Marketing mix Terhadap Penjualan Keramik Pada Industri Keramik Kasongan Di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis.

Febriyanti, N. 2020. Strategi marketing mix dalam meningkatkan omzet penjualan pada usaha kerupuk “Pade Mauq” di Desa Gelogor Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Doctoral dissertation: UIN Mataram.

Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Herlambang, S. 2014. Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran). Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Manap, Abdul & Irawan. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Maryana. 2017. Analisa marketing mix dalam upaya meningkatkanvolume penjualan busana muslim di Toko Rosidah Kota Bengkulu. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

PD, Yanti. 2020. Analisis penerapan marketing mix untuk meningkatkan penjualan Scarlett Whaitening Pada Toko AD Scarlett Whaitening. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.17529/jed.v4i2.35464

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi :

Jl. Teuku Nyak Arief No.441, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 23111

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JED

Creative Commons License

Jurnal Economica Didactica

by http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.