PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Azhari Azhari

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui Penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan Penguasaan konsep dan keterampilan metakognitif siswa pada konsep sistem reproduksi manusia. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Sigli dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the one group pre-test and pos-test. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester ganjil pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 120 orang. Sampel diambil siswa kelas XI-B yang berjumlah 30 orang. Analisis data dilakukan dengan uji t menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa yang signifikan (P>0,05) dengan nilai thiting=17,74 > ttabel =2,045 antara sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis masalah, (2) terdapat perbedaan skor keterampilan metakognitif siswa yang signifikan (P>0,05) dengan nilai thiting= 16,76 > ttabel =2,045 antara sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis masalah. Dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada konsep sistem reproduksi manusia, (2) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada konsep sistem reproduksi manusia.


Keywords


pembelajaran berbasis masalah, penguasaan konsep siswa, keterampilan metakognitif siswa, konsep reproduksi manusia

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.