PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA KECAKAPAN HIDUP SISWA DI MTsS AL-WASHLIYAH LHOKSEUMAWE
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Kecakapan hidup personal dan sosial siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilakukan di MTsS Al-Washliyah Lhokseumawe dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester genap pada Tahun pelajaran 2012/2013, berjumlah 58 siswa. Kecakapan hidup generik dilakukan melalui observasi pada saat pembelajaran. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan signifikan skor kecakapan hidup personal antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran konvensional. (2) terdapat perbedaan skor signifikan kecakapan hidup sosial antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran konvensional. Penerapan pembelajaran kontekstual memberikan dampak yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kecakapan hidup personal dan sosial siswa.
Keywords
pembelajaran kontekstual, kecakapan hidup siswa, dan ekosistem
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 163 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 179 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.