PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA KECAKAPAN HIDUP SISWA DI MTsS AL-WASHLIYAH LHOKSEUMAWE

Nellyati Pulungan, Cut Nurmaliah, Samingan Samingan

Abstract


Penelitian ini bertujuan  mengetahui Kecakapan hidup personal dan sosial siswa pada materi ekosistem yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilakukan di MTsS Al-Washliyah Lhokseumawe dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester genap  pada Tahun pelajaran 2012/2013, berjumlah 58 siswa. Kecakapan hidup generik dilakukan melalui observasi pada saat pembelajaran. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan signifikan skor kecakapan hidup personal antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran konvensional. (2) terdapat perbedaan skor signifikan kecakapan hidup sosial antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran konvensional. Penerapan pembelajaran kontekstual memberikan dampak yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kecakapan hidup personal dan sosial siswa.

Keywords


pembelajaran kontekstual, kecakapan hidup siswa, dan ekosistem

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.