PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS MEDIA ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, SIKAP ILMIAH DAN ASSESMEN KINERJA SISWA PADA KONSEP SINTESIS PROTEIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis media animasi terhadap pemahaman konsep, sikap ilmiah dan assesmen kinerja siswa pada konsep sintesis protein. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII SMA Negeri 9 Banda Aceh. Populasi penelitian berjumlah 144 siswa. Sampel berjumlah 55 siswa terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII IPA1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 siswa dan kelas XII IPA2 sebagai kelas pembanding berjumlah 28 siswa. Data diperoleh menggunakan tes. Data sikap ilmiah diperoleh dengan kuesioner. Data asesmen kinerja diperoleh dengan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep secara signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri menggunakan media animasi dengan model diskusi menggunakan media gambar; 2) Terdapat perbedaan signifikan sikap ilmiah antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dan media animasi dengan model diskusi dengan media gambar; 3) Terdapat perbedaan assesmen kinerja siswa secara signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dan media animasi dengan model diskusi dan media gambar; 4) Terdapat hubungan positif antara pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dengan media animasi (r=0,743>0,389).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 561 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 847 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.