KONTRIBUSI KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI SISTEM SARAF PADA SISWA SMA NEGERI 1 DONRI-DONRI

Muhiddin Palennari, Hamka Lodang, Andi Faridah Arsal, A. Agusniman H.P.N.

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kebiasaan belajar terhadap penguasaan materi sistem saraf siswa. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi (Sebabakibat). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Donri-Donri semester genap tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian yang digunakan yaitu sampel jenuh menggunakan seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 76 siswa. Kebiasaan belajar yang diukur meliputi 5 indikator, yakni: Kebiasaan belajar biologi secara teratur, kebiasaan mempersiapkan keperluan studi pada malam hari, kebiasaan hadir di kelas sebelum pelajaran biologi dimulai, kebiasaan belajar sampai paham dan tuntas, dan kebiasaan mengunjungi perpustakaan. Data penelitian kebiasaan belajar diperoleh melalui angket tertutup dan data penguasaan materi sistem saraf diperoleh dari tes pilihan ganda yang kemudian diolah dengan analisis regresi linear dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada kontribusi kebiasaan belajar terhadap penguasaan materi sistem saraf siswa kelas XI IPA SMAN 1 Donri-Donri sebesar 54,3%. Nilai sig 0,000 < 0,05 artinya kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap penguasaan materi sistem saraf siswa. Nilai korelasi 0,737 berada pada kategori tinggi, artinya kebiasaan belajar memiliki korelasi yang tinggi terhadap penguasaan materi sistem saraf siswa.


Keywords


Kebiasaan Belajar dan Penguasaan Materi

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.