PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH

Musriadi Musriadi, Djufri Djufri, Muhibuddin Muhibuddin

Abstract


Peneilitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan yaitu pembelajaran berbasis masalah dan konvensional. Metode penelitian menggunakan adalah eksperimen dengan desain Pretest-posttest Kontrol Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Insafuddin Banda Aceh. Sampel penelitian siswa kelas X1 dan X2 berjumlah 60 siswa. Data dikumpulkan dengan pretes, postes dan angket. Analisis data mengunakan uji t. Tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas dengan thitung = 2,292 dan ttabel = 1,645. Berdasarkan data angket memperlihatkan bahwa siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran berbasis masalah, bersikap positif terhadap pembelajaran biologi pada materi jamur (fungi). Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa serta meningkatnya kemampuan melakukan analisis terhadap permasalahan yang telah diidentifikasi setiap kelompok.


Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar, Tanggapan Siswa dan Jamur (Fungi)

Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 883 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.