DESAIN MODEL PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN STM BERBASIS KEPULAUAN DI SMA KOTA TERNATE
Abstract
Perangkat pembelajaran (Silabus dan RPP) merupakan komponen pembelajaran yang sangat diperlukan oleh guru dalam pelaksanaan PBM. Pada sosialisasi dan pelaksanaan KTSP sejak tahun 2006, telah diterapkan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) sebagai pilihan untuk dikembangkan oleh guru sebagai pendekatan pembelajaran. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menyarankan bahwa pembelajaran harus berorientasi pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. Kota Ternate Maluku utara merupakan wilayah pesisir kepulauan yang memungkinkan dikembangkan perangkat pembelajaran berorientasi pada wilayah kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran Biologi di SMA yang berbasis kepulauan khususnya di SMA kota Ternate. Bahan ajar yang dikembangkan terdiri dari Silabus dan RPP. Produk lain dari penelitian ini adalah strategi pengajaran, prosedur evaluasi dan life skill berbasis STM berorientasi wilayah kepulauan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 262 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 612 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.