MODEL PENGEMBANGAN ASESMEN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) MATA PELAJARAN IPA BERBASIS NILAI KARAKTER DI SMP KOTA TERNATE MALUKU UTARA

Sundari Sundari

Abstract


Pada sosialisasi dan pelaksanaan KTSP sejak tahun 2006, telah diterapkan konsep penilaian autentik yang didalamnya termasuk juga penilaian kinerja (Performance assesment) sebagai pilihan untuk dikembangkan oleh guru dalam menilai proses dan hasil belajar. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menyarankan bahwa pembelajaran harus berorientasi pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa instrumen penilaian kinerja (Performance assessment) yang berbasis nilai karakter khususnya matapelajaran Sains di SMP kota Ternate. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan model assesmen kinerja berbasis karakter diketahui valid dengan nilai total 85,7% maka secara umum produk pengembangan model assesmen kinerja berbasis karakter ini layak digunakan. Hasil revisi rubrik penilaian ini dapat digunakan sebagai alternative bagi guru untuk dikembangkan sebagai model penilaian autentik misalnya pada penilaian prosedur pengamatan dalam pelaksanaan praktikum.


Keywords


Assessmen Kinerja, Karakter dan Sains

Article Metrics

Abstract view : 417 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1620 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.