HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL CARE DENGAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH

Salma Syamaun, Cut Oktaviyana, Nuri Nazari

Abstract


Kualitas pelayanan keperawatan dapat diukur melalui tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan kesehatan yang diterima. Keberhasilan pelayanan keperawatan yang salah satunya dapat berbentuk dalam asuhan keperawatan, dapat diukur dari cepatnya kesembuhan klien, menurunnya kecemasan klien, dan meningkatnya kepuasan klien akan pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan salah satu hal sangat penting dalam meninjau mutu pelayanan khususnya pelayanan kebidanan suatu rumah sakit. Kepuasan pasien dari sisi yang berbeda pada saat pasien memasuki rumah sakit dengan serangkaian harapan dan keinginan.Desain penelitian ini adalah kuantitatif desain cross sectional studydengan sampel 84 orang ibu hamil yang berkunjung ke Puskesmas Kuta Alam Kota Banda Aceh.Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Instrumen adalah kuesioner yang terdiri dari 39 item pernyataan untuk variabel kualitas pelayanan antenatal care dan 20 item untuk variabel tingkat kepuasan menggunakan skala Likert. Penelitian ini menggunakan analisa univariat dan bivariate. Penelitian dilakukan di Puskesmas Kuta Alam Kota Banda Aceh. Hasil penelitian berdasarkan univariat didapatkan bahwa tangebility pada kategori baik (67,5%), reablity pada kategori baik (66,7%), responsiviness pada kategori baik (72,6%), assurancepada kategori baik (70,2%), empatypada kategori baik (76,2%), kualitas pelayanan pada kategori baik (59,5%), dan tingkat kepuasan pada kategori puas (65,5%). Sedangkan secara analisa bivariate diketahui ada hubungan antara tangibility dengan tingkat kepuassan (p value= 0,000), ada hubungan antara reablity dengan tingkat kepuassan (p value= 0,000), ada hubungan antara responsiviness dengan tingkat kepuassan (p value= 0,001), ada hubungan antara assurance dengan tingkat kepuassan (p value= 0,000), ada hubungan antara empaty dengan tingkat kepuassan (p value= 0,000), dan ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kepuassan (p value= 0,000). Diharapkan kepada ibu hamil agar dapat rutin melakukan pemeriksaan antenatal care, agar dapat diketahui perkembangan kehamilannya untuk mencegah terjadinya komplikasi secara dini selama kehamilan.

                                   

Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan ibu hamil, antenatal care


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52199/jik.v9i2.22078

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIK
Jurnal Ilmu Keperawatan
 
ISSN (Print): 2338 – 6371
ISSN (Online): 2550 – 018X
 
Redaksi JIK: Jurnal Ilmu Keperawatan

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala
Gedung Petronas, Jl. Tgk. Tanoh Abee
Darussalam, Banda Aceh 23111
Telp. (0651) 8053041; Faks. (0651) 8053041
E-mail: jik@usk.ac.id
Website: http://jurnal.usk.ac.id/jik

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keperawatan by Universitas Syiah Kuala is licensed

under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.jurnal.usk.ac.id/JIK.