HUBUNGAN BULLYING DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Fatta Maulida Rasul, Sri Novitayani, Farah Dineva R

Abstract


Bullying merupakan tindakan penggunaan kekerasan untuk menyakiti secara verbal, fisik, atau psikologis seseorang atau sekelompok orang sedemikian rupa sehingga korban merasa tertindas, trauma, dan tidak berdaya. Salah satu dampak bullying yaitu dapat mengakibatkan harga diri rendah dan anti sosial pada korban. Seseorang dengan harga diri yang rendah akan mengalami kesulitan dalam membangun hubungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bullying dengan harga diri remaja sekolah menengah atas di Kota Banda Aceh. Desain penelitian ini adalah cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 266 responden. Hasil uji statistik spearman rank menunjukkan adanya hubungan antara bullying dengan harga diri pada remaja sekolah menengah atas (p=0,000) dan nilai korelasi (r) =  - 0,434. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi tidak searah (negatif) yang berarti semakin rendah bullying maka semakin tinggi harga diri yang dialami oleh remaja dan begitu pula sebaliknya. Bullying dapat dicegah dengan meningkatkan pengetahuan remaja tentang bullying dan peran orang tua serta dukungan sekolah dalam pencegahan bullying

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIK
Jurnal Ilmu Keperawatan
 
ISSN (Print): 2338 – 6371
ISSN (Online): 2550 – 018X
 
Redaksi JIK: Jurnal Ilmu Keperawatan

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala
Gedung Petronas, Jl. Tgk. Tanoh Abee
Darussalam, Banda Aceh 23111
Telp. (0651) 8053041; Faks. (0651) 8053041
E-mail: jik@unsyiah.ac.id
Website: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jik

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keperawatan by Universitas Syiah Kuala is licensed

under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIK.