HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. ZAINOEL ABIDIN, 2013

ardia putra

Abstract


ABSTRAK


Komunikasi merupakan alat kontak sosial yang penting dalam membina hubungan antara individu, dan pada profesi keperawatan komunikasi lebih menjadi bermakna karena merupakan metode utama dalam mengimplentasi proses keperawatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA. Penelitian ini dilakukan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin pada 22 Januari – 2 Februari 2013, dengan menggunakan desain cross sectional dan sampel berjumlah 78 responden untuk di minta pendapat tentang kepuasan pasien terhadap komunikasi terapeutik perawat. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan analisa bivariat dengan uji statistik chi square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA dengan nilai P-value 0,000 < 0,05. Hubungan komunikasi terapeutik pada tahap perkenalan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA nilai P-value 0,006 < 0,05. Hubungan komunikasi terapeutik pada tahap orientasi dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA nilai P-value 0,002 < 0,05. Hubungan komunikasi terapeutik pada tahap kerja dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA nilai P-value 0,002 < 0,05. Hubungan komunikasi terapeutik pada tahap terminasi dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA nilai P-value 0,004 < 0,05. Kepada Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin agar dapat melakukan pengawasan atau supervisi terkait dengan pelaksanaan komunikasi. Khususnya bagian ruang rawat inap kelas III agar meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan lebih memperhatikan komunikasi terapeutik dalam pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien dan masyarakat, dengan fokus utama pada tahap perkenalan, memperbaiki kemampuan melaksanakan perkenalan di awal pertemuan dengan pasien dalam melakukan pelayanan kesehatan untuk memberikan informasi yang tepat kepada pasien.


Kata kunci:
Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan Pasien

ABSTRACT

Communication is an important tool of social contact in create the relationship between individuals, and in nursing profession, communication becomes more meaningful because it is the primary method in implemented nursing process. The purpose of this study was to find out the correlation between The Correlation Between Therapeutic Communication of Nurse With Patient Satisfaction in Ward of dr. Zainoel Abidin General Hospital Year 2013. The research was conducted in wards of dr. Zainoel Abidin General Hospital Banda Aceh on 22 January-22 February 2013, used cross sectional design with 78 number of respondents asking about an opinion on patient satisfaction for nurses therapeutic communication. The analysis used were univariate and bivariate with chi Square statistical test. The result showed that there was a correlation between therapeutic communication of nurse with patient satisfaction in ward of RSUDZA with P-value 0,000 < 0,05. correlation between therapeutic communication of nurse with patient satisfaction in ward of RSUDZA with P-value 0,000 < 0,05. Correlation between therapeutic communication on introducing phase with patient satisfaction in ward of RSUDZA with P-value 0,006 < 0,05. Correlation between therapeutic communication on orientation phase with patient satisfaction in ward of RSUDZA with P-value 0,002 < 0,05. Correlation between therapeutic communication on working phase with patient satisfaction in ward of RSUDZA with P-value 0,002 < 0,05. Correlation between therapeutic communication on termination phase with patient satisfaction in ward of RSUDZA with P-value 0,004  0,05. For director Satisfaction in Ward of dr. Zainoel Abidin General Hospital especially wards in order to improve the quality of service and more attention to therapeutic communication in health care provided to patients and the public with a primary focus on the introductory phase at the beginneng of the meeting with the patient in making healthcare to provide appropriate information to patients.

Keywords: Therapeutic Communication of Nurse, Patient Satisfaction


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIK
Jurnal Ilmu Keperawatan
 
ISSN (Print): 2338 – 6371
ISSN (Online): 2550 – 018X
 
Redaksi JIK: Jurnal Ilmu Keperawatan

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala
Gedung Petronas, Jl. Tgk. Tanoh Abee
Darussalam, Banda Aceh 23111
Telp. (0651) 8053041; Faks. (0651) 8053041
E-mail: jik@usk.ac.id
Website: http://jurnal.usk.ac.id/jik

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keperawatan by Universitas Syiah Kuala is licensed

under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.jurnal.usk.ac.id/JIK.