Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. & Sriwiyana, H. 2012. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Yogyakarta.
Agustine,J., Nizkon & Nawawi, S. 2020. Analisis keterampilan berpikir peserta didik sma kelas X IPA pada materi virus. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1):7-11.
Andriani, R., Subanji, & As’ari, A.R. 2021. Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran problem posing. Jurnal Riset dan Konseptual, 6(3):604-612.
Arini, W. & Lovisia, E. 2019. Respon siswa terhadap alat pirolisis sampah plastik sebagai media pembelajaran berbasis lingkungan di SMP Musi Rawas. Jurnal Thabiea, 2(2):95-104.
Ariyanto, M. 2016. Peningkatan hasil belajar materi ipa materi penampakan rupa bumi menggunakan model scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2):134- 140.
Ariyawati, P.A.M., Mulyo, J., & Prihatin, J. 2017. Analisis siswa terhadap model pairs,investigation and communication dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 2(1):9-15.
Hake, R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: a six thousand student survey of mechanics test data for introductory physics course. American Journal of Physics, 66(1):64-74.
Hidayah, U., Putrayasa, I.B., & Martha, I.N. 2016. Konsistensi kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), dan indikator pada evaluasi guru dalam pembelajaran eksposisi berdasarkan kurikulum 2013 siswa kelas X MAN Patas. e-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, 5(3):1–12.
Hidjrawan, Y., Khaldun, I., & Sari, S.A. 2016. Efektivitas model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1):154-165.
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. 2015. Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3):221- 225.
Hestari, S., Susanti, E., & Lisdiana, L. 2016. Validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran papan magnetik pada materi mutasi gen. Bioedu, 5(1):7-13.
Indriaty & Setyoko. 2018. Pengembangan bahan ajar ekologi berbasis problem based learning di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Samudra. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1):29-35.
Karakoc, M. 2016. The significance of critical thinking ability in terms of education. International Journal of Humanities and Social Science, 6(7):81-84.
Khaerudin, S.A., Nugraheni, D.D., & Sari, D.S. 2020. Pengaruh media berbasis adobe flash terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi tata surya. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3):203-214.
Khairani, I. & Safitri, R. 2017. Penerapan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi di MAN Rukoh Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2):32-40.
Kumalasani, M.P. 2018. Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1):1-11.
Marudut, M.R., Ishak, G.B., Kadir, & Vina, I. 2020. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses. Jurnal Basicedu, 4(3):477-585.
Maslakhatunn’mah, D., Safitri, L.B., & Agnia, D.N. 2019. analisis kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 179-185.
Mustika, E.P.A., Sugara, & Pratiwi, M. 2017. Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode multimedia development life cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2):121-126.
Nugraha, A.J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. 2017. Analisis kemampuan beprikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1):35-43.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. 2018. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2):155-158.
Pratama, R.A. 2018. Media pembelajaran berbasis articulate storyline 2 pada materi menggambar grafik fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Dimensi, 7(2):19-35.
Pratiwi, V.S., Mayub, A., & Hamdani, D. 2018. Pengembangan media pembelajaran planetarium gerhana sebagai alat bantu dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Bumi Antariksa (IPBA) pada materi gerhana. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3):71-75.
Putra, P.D.A., Ahmad, N., Wahyuni, S., & Narulita, E. 2021. An analysis of the factors influencing of pre-service science teacher in conceptualization of stem education: self-efficacy and content knowledge. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(specialIssue):225–230. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.877.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud. 2019. Laporan Nasional PISA 2018 Indonesia, Balitbang Kemendikbud Jakarta.
Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. 2018. Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(1):52-66.
Riduwan. 2012. Dasar-dasar Statistika, Bandung.
Riasti, M.F., Suyatna, A., & Wahyudi, I. 2016. Pengembangan media interaktif model tutorial pada materi impuls dan momentum. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1):81-91.
Rohmah, F.N. & Bukhori, I. 2020. Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran korespondensi berbasis android menggunakan articulate storyline 3. Economic & Education Journal, 2(2):169-182.
Rubini, B., Septian, B., & Permana, I. 2019. Enhancing critical thinking through the science learning on using interactive problem based module. Journal of Physics: Conference Series, 1-5.
Sari, I.M., Ahmad, S.F., & Amsor. 2019. Peningkatan keterampilan generik sains pada materi tata surya melalui pembelajaran berbantuan aplikasi solar system scope untuk siswa SMPA. Journal of Teaching and Learning Physics, 4(2):1-17.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung.
Tala, S. & Vesterinen, T.M. 2015. Nature of science contextual: studying nature of scince with scientist. Journal Science and Education, 24(4):435-457.
Tathahira, T. 2020. Promoting students’ critical thinking through online learning in higher education: challenges and strategies. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 8(1):79-92.
Thomas, J., Rajaraman, N., Zaidi, N., Linn, A., & Rea, P.M. 2015. Integrated Anatomy E-Tutorial Designed by Medical Students, Combining Articulate storyline 2 With Images From Anatomy. TV. Proceedings of Edulearn 15 Conference, 1922-1928.
Wahyuni, S., Rizki, L.K., Budiarso, A.S., Putra, P.D.A., & Narulita, E. 2021. The Development of e-student worksheet on environmental pollution to improve critical thinking skills of junior high school students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4):723–728. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i4.870.
Yanto, D.T.P. 2019. Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1):75-83.
Yasin, A.P. & Ducha, N. 2017. Kelayakan teoritis multimedia interaktif berbasis articulate storyline materi sistem reproduksi manusi kelas XI SMA. Bioedu, 6(2):169-175.
Yusmanidar, Khaldun, I., & Mudatsir. 2017. Penerapan pembelajaran berbasis masalah menggunakan metode praktikum dalam upaya meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi siswa pada pokok bahasan hidrolisis garam. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 1(1):73-80.
DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24624
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal IPA & Pembelajaran IPA
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)
ISSN 2614-0500 (print) | 2620-553X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jipi
Email : jipi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.