PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAN
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi rangkaian arus searah dan hukum Archimedes. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen, dan desain penelitian adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN Meulaboh 1 yang terdiri dari lima kelas setiap kelas berjumlah 36 siswa, dan kelompok sampel ditentukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh dua kelas yang menjadi sampel penelitian. Hasil analisis data keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen untuk indikator perencanaan percobaan yaitu 0,88 lebih tinggi dibanding indikator perencanaan percobaan pada kelas kontrol yaitu 0,71. Hal ini dikarenakan sebelum melakukan percobaan siswa diminta untuk mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan percobaan yang akan dilakukan. Tahap mengumpulkan informasi tersebut termasuk salah satu tahapan dalam pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil penilaian KPS saat pelaksanaan praktikum menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen indikator menentukan tujuan percobaan sebesar 88,19% lebih tinggi dibanding indikator menentukan tujuan percobaan di kelas kontrol yaitu sebesar 74,13%. Hal ini disebabkan siswa siswa terlebih dahulu telah mengumpulkan informasi mengenai percobaan yan akan dilakukan.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, KPS, rangkaian arus searah, hukum Archimedes.
Abstract. This research aims to determine the effect of guided inquiry learning to improve student science process skills (SPS) on the material of direct current circuit and the Archimedes law. This research was experiment method and design studies is Pretest – posttest control group design. The research population is students of class XI in MAN Meulaboh 1 consists of five class which 36 students each class, and sample group were determined byrandom sampling technique so that two class is taken as the sample. Results of SPS test in the experimental class, indicator of plannned experiments is 0,88 higher than control class is 0,71. That caused before starting the experiment they have to collect all information about the experiment. The collect information stage is one of the guided inquiry stages. Results of SPS assessment when experimenting shown that the indicator of purpose specify in experiment class is 88,19% higher than control class is 74,13%. That caused before starting the experiment they have to collect all information about the experiment.
Keywords: guided inquiry, science process skills, Archimedes law.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9456
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal IPA & Pembelajaran IPA
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)
ISSN 2614-0500 (print) | 2620-553X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jipi
Email : jipi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.