IMPLEMENTASI STRATEGI PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MAN GANDAPURA PADA MATERI GERAK HARMONIK
Abstract
Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pemecahan masalah (problem solving) yang difokuskan pada pembelajaran eksperimen pada konsep gerak harmonik dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan minat siswa terhadap mata pelajaran fisika di MAN Gandapura BireuenPenelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest post-test, control group design. Teknik pengambilan sampel dengan pusposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis. Lembar minat siswa untuk mengetahui minat siswa sebelum dan setelah menggunakan strategi Problem solving dengan menggunakan metode eksperimen. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data homogen dan berdistribusi normal. Oleh karena itu, uji beda rata-rata terhadap N-gain ketrampilan berpikir kritis antara kedua kelas menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh thitung>ttabel (6,33 >2,010) artinya terjadi perbedaan ketrampilan berpikir kritis yang signifikan antara kedua kelas. Nilai rata-rata N-gain ketrampilan berpikir kritis untuk kedua kelas dengan kategori sedang. Minat belajar siswa setelah menggunakan strategi problem solving menggunakan metode eksperimen juga lebih tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi problem solving dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dan minat belajar siswa.
Kata kunci: Stategi Problem Solving, metode eksperimen, minat dan ketrampilan berpikir kritis
Abstract. This research is a problem-solving focused on learning experiments on the concept of harmonic motion with the aim to improve critical thinking skills and interest of the students towards subjects of physics at MAN Gandapura Bireuen. Penelitian using the experimental method to the design of the Pre-test Post-test, Control Group Design. The sampling technique pusposive sampling. The data collection is done by pretest and posttest to improve critical thinking skills. Sheets interest of students to determine student interest before and after use problem solving strategies using experimental method .. normality and homogeneity test results show that the data homogeneous and normal distribution. Therefore, different test average of the N-gain critical thinking skills between the two classes using the t test. T test results obtained t> t table (6,33> 2.010) means that there is a difference of critical thinking skills significant difference between the two classes. The average value of the N-gain critical thinking skills for both classes with the medium category. Student interest after using problem solving strategies using the experimental method is also higher, so it can be concluded that learning with problem solving strategies can enhance critical thinking skills and student interest.
Keywords: Problem Solving, the experimental method, interest & critical thinking skillsFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9460
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal IPA & Pembelajaran IPA
JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)
ISSN 2614-0500 (print) | 2620-553X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jipi
Email : jipi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.