PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DALAM PENGGUNAAN KARTU TELKOMSEL
Abstract
This aims for this study is to determine the effect of Relationship Marketing (including financial benefits, social benefits and structural ties) partially and simultaneously to Customer Loyalty using Telkomsel for Samudra University Students. This is of quantitative research using purposive sampling technique with 100 respondents with multiple linear regression analysis for data analysis. Hypothesis testing is carried out through partial test (t test), simultaneous test (F test) and test coefficient of determination (R2). From the data analysis obtained regression equation Y = 2,015 + 0,162X1 + 0,301X2 + 0,393X3 + e. Partially (within t test analysis) and simultaneously (within F test analysis) Relationship Marketing variables have a significant effect on Customer Loyalty for using Telkomsel simcards to Universitas Samudra Students. Analysis of coefficient determination shows financial benefits, social benefits and structural ties influence 53.2% customer loyalty for using Telkomsel simcards at Universitas Samudra students, while the remaining 46.8% is influenced by other variables not examined in this study.
KeywordsRelationship Marketing, Customer Loyalty
Full Text:
PDFReferences
Aldilla, Diana. 2013. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Sempati Star. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sumatera Utara.
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Chan, Syafruddin. 2003. Relationship Marketing: Inovasi Pemasaran Yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Erika. 2009. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Olagafood Industri Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Sumatera Utara.
Ferdinand, Augusty. 2011. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Indoprint.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty. Jakarta: Erlangga.
Hasan, Ali. 2009. Marketing. Jakarta: Buku Kita.
Indriantoro dan Bambang. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Universitas Gajah Mada.
Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi Edisi ke Tiga. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Kotler, Phillip. dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi ke Tiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Munandar, Dadang. 2016. Relationship Marketing; Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Ekuilibria.
Rizal dan Furinto, Asnan. 2009. Marketing Reloaded Kompilasi Konsep dan Praktik Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Rizkiyani, Novi. 2013. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada BRI Kantor Unit Pageruyung, Kendal). Management Analysis Journal. Vol. 2 No. (2). Hal. 1-9.
Rosyidi, S. 2014. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Citra Van Titipan Kilat Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 2 No. (3). Hal. 358-371.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, F dan Semuel, H. 2013. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Mitra 10 Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1. No. 1. Hal. 1-15.
Syahrum dan Salim. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Umar, Husein. 2007. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Wikastra, Alief Faerizal. 2017. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Bank Mandiri KCP Muncul), Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.