Manajemen Krisis Hotel Kyriad Muraya Banda Aceh Saat Pandemi COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan manajemen krisis dilakukan oleh hotel Kyriad Muraya Aceh pada masa pandemi Covid-19 serta bagaimana komunikasi krisis yang mereka lakukan dalam mengatasi krisis akibat pandemi Covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Situasional Communication Crisis Theory menurut W. Timothy Coombs berkaitan dengan strategi pesan komunikasi krisis. Pada penelitian ini menggunakan konsep tahapan Krisis menurut Steven Fink yang terbagi atas tahap prodromal, tahap akut, tahap kronik dan tahap resolusi, dan juga menggunakan konsep langkah mengelola krisis menurut Rhenald Kasali. Jenis penelitian ini kualitatif studi kasus dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan data. Wawancara yang dilakukan berupa wawancara semi terstruktur dan pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling yaitu berdasarkan karakteristik tertentu. Hasil penelitian ini adalah Hotel Kyriad Muraya melewati tahap prodromal namun ketika memasuki tahap akut, kronik hingga resolusi manajemen hotel melakukan berbagai tindakan penanganan krisis, yaitu dengan melakukan analisis krisis, pilihan strategi yaitu strategi adaptif berupa kompromi, mengubah kebijakan, modifikasi operasional, dan meluruskan citra dan juga melakukan pengendalian krisis dalam langkah mengelola krisis.
Kyriad Muraya becomes a role model in terms of implementing the 4M health protocol during the COVID-19 pandemic in Aceh. This study aims to determine how the Kyriad Muraya Aceh hotel carried out the stages of crisis management during the COVID-19 pandemic. The theory used in this research is Situational Communication Crisis Theory by W. Timothy Coombs. This study employed the concept of crisis stages by Steven Fink, consisting of the prodromal stage, acute stage, chronic stage, and resolution stage, and also used the concept of crisis management steps by Rhenald Kasali. This study used a qualitative approach, and data were collected using semi-structured interviews of five informants selected using a purposive sampling technique, as well as documentation and observation. The results of this study showed that the Kyriad Muraya Hotel passed through the prodromal stage. However, when it entered the acute, chronic, and resolution stages, the hotel management performed various crisis handling actions, including crisis analysis and the choice of strategy. The strategies included an adaptive strategy in the form of negotiation, changing policies, operational modifications, image improvement, and carrying out crisis control.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhwan, M. A. F., & Nugrahaini, F. T. (2021). Efektifitas Penerapan Konsep Green Building pada Hotel terhadap Daya Tarik Pengunjung. Prosiding (SIAR) Seminar Ilmiah Arsitektur 2021, 265–274.
Ardianto, E. (2013). Handbook of public relations : pengantar komprehensif. Simbiosa Rekatama Media.
Atmaja, N. P. C. D., & Agustiari, N. K. D. (2022). Penerapan Komputerisasi Stok Persediaan Barang, Pelatihan Pelayanan Untuk Meningkatkan Penjualan dan Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan pada Central Repair Station. Prosiding Seminar Nasional 2022, 407–412.
Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia Maret 2020 mencapai 470,90 ribu kunjungan. Bps.Go.Id.
Bappenas. (2020). Lampiran Pidato Presiden Republik Indonesia 2020.
cnn Indonesia. (2020a, April). Dampak Corona, Sebagian Besar Hotel di Aceh Rumahkan Karyawan. Cnnindonesia.Com.
cnn Indonesia. (2020b, May). Hotel dan Restoran di Yogyakarta Buka Kembali Juni 2020. Cnnindonesia.Com.
cnnIndonesia. (2020a). Menkes Soal Virus Corona: Orang Sehat Tak Perlu Pakai Masker. Cnnindonesia.Com.
cnnIndonesia. (2020b, April). Imbas Corona, Hotel Berbintang di Aceh Merugi hingga Tutup. Cnnindonesia.Com.
Coombs, W. T., & Holladay, S. J. (2010). The Handbook of Crisis Communication. Wiley-Blackwell.
Deswita, M., & Nurrahmawati. (2015). Strategi Manajemen Krisis Public Relations (PR) PT Pos Indonesia (Persero). SPeSiIA 2015, 337–334. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.528
Dialeksis. (2020, June). RSUDZA dan Kyriad Muraya Hotel Tanda Tangani Mou Tangguh Peduli COVID-19. Dialeksis.Com.
Diayudha, L. (2020). Industri Perhotelan Di Indonesia Pada Masa Pandemi COVID-19: Analisis Deskriptif. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product andServices, Accomodation Industry, Entertainment Services, 3(1). https://doi.org/10.30813/fame.v3i1.2166
Fajri, D. D. (2021). Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan Karyawan Hotel di Masa Tatanan Normal Baru. Jurnal Abdimas Pariwisata, 1(2), 59–65. https://doi.org/10.36276/jap.v1i2.19
Fajri, R. (2020, April). Efek Corona, Hotel Kriyad Banda Aceh Rugi Rp 1,2 Miliar. Ajnn.Com. Fink, S. (2002). Crisis Management: Planning for the Inevitable. iUnivers Inc.
Hardiyanto, S. (2017). Pengaruh Employee Relation Terhadap Kepuasan Komunikasi Karyawan Pdam Tirtanadi Cabang Sei Agul. Jurnal Interaksi, 1(1), 43–49.
Hasrul, M. (2020). Aspek hukum pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSPB) dalam rangka penanganan corona virus disease 2019 (COVID-19). Legislatif, 3(2), 1–9.
Husna, M. (2020). Ini yang Dilakukan Hotel Kyriad Muraya untuk Tetap Bertahan Ditengah COVID-19. Tribunnews.Com.
Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relation. Pustaka Utama Grafiti.
Komar. (2020). Kyriad Muraya, Hotel Role Model Penerapan Protokol Kesehatan di Banda Aceh. Kba.One News. Maulina, L., Dianawati, N.,
Nugraha, S. Y. I., Maemunah, I., & Sukmadi. (2021). Pelaksanaan Protokol Kesehatan Berbasis Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) Pada Industri Perhotelan di Kota Bandung. Media Bina Ilmiah, 15(10).
Nabila, M. (2020). Dampak Corona, Penutupan Hotel Paling Banyak Ada di Provinsi Ini. Ekonomi.Bisnis.Com.
Nurhidayati. (2020). Peran Transformasional Manajemen Sumber Daya Manusia di Era COVID-19dan New Normal. In Nurhidayati A & A. K. Anam (Eds.), Manajemen Bisnis di Era Pandemi COVID-19 & New Normal (MANAJEMEN). Unissula Press.
Portal Satu. (2020). Hotel di Aceh Kembali Beroperasi, Ini Kata Ketua PHRI. Portalsatu.Com.
Purwaningwulan, M. M. (2013). Public Relations dan Manajemen Krisis. Majalah Ilmiah UNIKOM, 11(2), 166–175.
Putra, I. G. N. (1999). Manajemen hubungan masyarakat. Universitas Atma Jaya.
Putri, L. D. (2014). Krisis, Ancaman atau Peluang ?! Jurnal Komunikasi, 3(1), 26. Rahayu, B. S., & Saryanti, E. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Hubungan Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah. Jurnal ADVANCE, 1(2), 14.
Ruslan, R. (2001). MANAJEMEN HUMAS & MANAJEMEN KOMUNIKASI (Konsep dan Aplikasi). Raja Grafindo Persada.
Salma, A. N. (2018). Strategi Komunikasi Krisis pada Era Digital: Penggunaan Internet Dari Sebelum Hingga Sesudah Krisis. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 19–36. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.71
Simangunsong, T. L., Andajani, E., Soesanti, A., & Rini, W. S. D. (2020). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19 di Desa Duyung, Mojokerto. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 479–484. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.746
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D.Bandung:Alfabeta. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Sutrisno, E. Y., & Adhilla, F. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 pada Operasional Hotel di The Atrium Hotel and Resort Yogyakarta. Media Wisata, 19(2), 206– 216. https://doi.org/10.36276/mws.v19i2.144
Syafrida, S., & Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Virus COVID-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 495–508. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15325
Syahyuti, V. T. (2021). Manajemen krisis PT. Agrimitra Utama Persada dalam menangani pemberitaan media massa (Studi Kasus Pembohongan Publik Pada Label Kemasan Sumber Minuman Sehat (SMS). Universitas Andalas.
Valerisha, A., & Putra, M. A. (2020). Pandemi Global COVID-19 dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-Digital? Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, Edisi Khusus, 131–137. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3871.131-137
Wibowo, A. (2020). Presiden Tetapkan COVID-19 Sebagai Bencana Nasional. Https://Bnpb.Go.Id/.
DOI: https://doi.org/10.24815/jkg.v11i1.25321
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi Global (JKG)
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala
Jln. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh, 23111
Telp. (0651) 7555267
Email: jkg@usk.ac.id
Published by:
Indexed by: