Pest Analysis on Instagram Account @golkar.indonesia
Abstract
Political parties are organizations that utilize social media in their approach across various aspects, such as campaign interests. This research aims to identify the constraints and opportunities of the Instagram social media accounts belonging to the Golkar political party. The study employs a descriptive qualitative approach to analyze the @golkar.indonesia Instagram account using a PEST analysis. The utilization of the PEST analysis (Political, Economic, Social, Technological) in this research indicates that the @golkar.indonesia account is well-managed and implements the PEST method comprehensively. The @golkar.indonesia account has the opportunity to provide interactive content to reach a broader audience, particularly the younger generation. This can enhance the recognition and positive image of Airlangga Hartarto. The managers of the @golkar.indonesia account can engage in soft selling through the delivery of informative content. Furthermore, the findings of this research can be applied as a basis for political strategy management for Golkar and other relevant parties.
Partai politik merupakan organisasi yang menggunakan media sosial dalam pendekatannya dalam berbagai aspek, seperti kepentingan kampanye. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan peluang akun media sosial Instagram milik partai politik Golkar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis akun Instagram @golkar.indonesia dengan analisis PEST. Penggunaan analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi) dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun @golkar.indonesia dikelola dengan baik dan menjalankan metode PEST dengan lengkap. Akun @golkar.indonesia memiliki peluang untuk memberikan konten interaktif agar dapat menjangkau lebih banyak audiens anak muda. Hal ini dapat membuat Airlangga Hartarto lebih dikenal dan memiliki citra yang baik. Pengelola akun @golkar.indonesia dapat melakukan soft selling dari konten informatif yang disampaikan. Selanjutnya hasil penelitian ini dapat diterapkan sebagai bahan manajemen strategi politik bagi Golkar dan pihak lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi, H. (2021). Pengertian ekonomi menurut para ahli dan prinsipnya yang perlu dipahami. Liputan 6.
https://www.liputan6.com/hot/read/4580554/pengertian-ekonomi-menurut-para-ahli-dan-prinsipnya-yang-perlu-dipahami
Anggun. (2010). Penilaian resiko pada usaha bisnis dengan Metode PEST. Cipta Karya.
Ardha, B. (2014). Social media sebagai media kampanye partai politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 13(01), 105–120.
Aryadillah, & Fitriansyah, F. (2022). Strategi kampanye politik Anies Baswedan dalam membangun citra politik pada pemilihan presiden tahun 2024. Jurnal Public Relations, 3(1), 87–92. https://doi.org/10.31294/jpr.v3i1.1150
Cann, A., Dimitriou, K., & Hooley, T. (2011). Social Media: A Guide for Researchers.
Dedi. (2021). Pengertian teknologi menurut ahli, sejarah, manfaat, dan jenisnya. Viva.Co.Id. https://www.viva.co.id/digital/digilife/1400390-pengertian-teknologi-menurut-ahli-sejarah-manfaat-dan-jenisnya
Gyori, G. (2016). The political communication of the refugee crisis in Central and Eastern Europe.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1). https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Mahadiansar, M., & Aspariyana, A. (2020). PEST Analysis Model dalam pengembangan potensi Wisata Pulau Benan, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 1(1). https://doi.org/10.36256/ijtl.v1i1.93
Mankiw, N. G. (2009). Principles of microeconomics. Cengage Learning Asia Pte Limited.
Meifilina, A. (2021). Media sosial sebagai strategi komunikasi politik Partai Golkar dalam melakukan pendidikan politik. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 101–110. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i2.80
Munzir, A. A., Asmawi, & Zetra, A. (2019). Beragam peran media sosial dalam dunia politik di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 173–182. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.2691
Myšková, R., & Doupalová, V. (2015). Approach to risk management decision-making in the small business. Procedia Economics and Finance, 34, 329–336. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)01637-8
Petruca, I. (2016). Personal branding through social media. International Journal of Communication Research, 6(4), 389–392. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-9593-1.les4
Priadji, P., & Rusadi, U. (2023). Media sosial sebagai pendukung jaringan komunikasi politik. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(1), 581–588.
Prihatiningsih, W. (2017). Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51–65.
Putra, A. M. (2011). Media baru dan fenomena komunikasi politik pada Pemilukada di Provinsi Banten 2011. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 23–34. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v3i2.203
Raho, B. (2016). Sosiologi. Ledalero. http://repository.stfkledalero.ac.id/186/1/Sosiologi.pdf
Shareza, M. (2018). Pengertian komunikasi politik. Etika Komunikasi Politik 2. http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/v48x2
Sidharta, V., & Fauzi, I. (2020). Humas biro pemberitaan DPR RI dalam analisis PEST. Jurnal Public Relations, 1(1). https://doi.org/10.31294/jpr.v1i1.172
Simarmata, J., Manuhutu, M. A., Yendrianof, D., Iskandar, A., Amin, M.,
Sinlae, A. A. J., Siregar, M. N. H., Hazriani, H., Herlinah, H., Sinambela, M., Negara, E. S., Jamaluddin, Ardiana, D. P. Y., & Rahayu, N. L. W. S. (2021). Pengantar teknologi informasi (R. Watrianthos (ed.)). Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Sumarno, A. P. (1989). Dimensi-dimensi komunikasi politik (1st ed.). Citra Aditya Bakti.
Wardani, G. W. (2021). Profil Airlangga Hartarto, Menko Perekonomian yang duduki jabatan strategis di sejumlah perusahaan. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/nasional/2021/12/19/profil-airlangga-hartarto-menko-perekonomian-yang-duduki-jabatan-strategis-di-sejumlah-perusahaan
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Zakky. (2020). Pengertian sosial | definisi, cakupan, unsur-unsur, dan contohnya. Seluncur.Id. https://www.seluncur.id/pengertian-sosial/
DOI: https://doi.org/10.24815/jkg.v12i1.29802
Article Metrics
Abstract view : 22 timesPDF - 25 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi Global (JKG)
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala
Jln. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh, 23111
Telp. (0651) 7555267
Email: jkg@usk.ac.id
Published by:
Indexed by:




1.png)



