Literasi Digital Lansia Pada Aspek Digital Skill dan Digital Safety

Uswatun Nisa, Cut Lusi Chairun Nisak, Dara Fatia

Abstract


Lansia merupakan kelompok yang paling sering menjadi korban kejahatan digital, dan rentan mengonsumsi serta menyebarkan berita bohong. Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara khusus kemampuan literasi digital kelompok lansia pada tiga kecamatan di Aceh Besar. Penelitian ini menganalisis kemampuan literasi digital terhadap dua dari empat dimensi literasi digital yang digagas oleh Kominfo RI, yaitu digital skill dan digital safety. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada enam orang informan yang didapat dengan metode purposive sampling dari sebuah program literasi digital lansia di Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital lansia dalam berada pada posisi rendah menuju sedang pada aspek digital skill, dan rendah dalam aspek digital safety. Meskipun beberapa dari mereka menunjukkan pemahaman serta kemampuan yang baik terkait dua aspek tersebut, namun dari segi penerapan masih sangat rendah. Studi ini menyarankan program literasi digital harus lebih menekankan pada aspek budaya sadar bahaya digital dan budaya cek fakta dalam penggunaan media digital.

 

The elderly are the group that most often becomes victims of digital crime and is prone to consuming and spreading fake news. This study aims to specifically examine the digital literacy skills of the elderly group in Aceh Besar. The study focuses on two dimensions of digital literacy: digital skills and digital safety, as defined by the Indonesian Ministry of Information and Communication. The research utilizes a descriptive-qualitative method, collecting data through observation and interviews with six informants selected through purposive sampling in an elderly digital literacy program in Aceh Besar. The findings of the study indicate that the proficiency of senior individuals in digital literacy ranges from low to moderate in terms of digital skills, and is low in terms of digital safety. Although some of them possess good knowledge and skills in these two areas, their implementation levels remain relatively low. The study suggests that cultural factors such as awareness of online risks and fact-checking culture should receive more attention in digital literacy programs.


Keywords


Digital Literacy; Digital Safety; Digital Skill; Elderly; Lansia; Literasi Digital

Full Text:

PDF

References


APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Indonesia. Retrieved from https://apjii.or.id/survei

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4 Edition). Sage Publications.

Daneels, R., & Vanwynsberghe, H. (2017). Mediating social media use: Connecting parents’ mediation strategies and social media literacy. Cyberpsychology, 11(3 Special Issue). doi:10.5817/CP2017-3-5

Dyah Wafdane Jati Prima. (2021). Literasi Digital Ibu Generasi Milenial terhadap Isu Kesehatan Anak dan Keluarga. Jurnal Komunikasi Global: Universitas Syiah Kuala.

Ganis Ashari, R. (2018). Memahami Hambatan dan Cara Lansia Mempelajari Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 15, No.2, Desember 2018.

Hakim, K., & Genep Sukendro, G. (n.d.). (2022). Komparasi Literasi Informasi Generasi Baby Boomers dan Generasi X (Studi pada Pengguna Grup Whatsapp). Koneksi, Vol. 6, No.1.

Hope, & Piper. (2014). Understanding Digital And Material Social Communications For Older Adults. In Understanding Digital And Material Social Communications For Older Adults. New York: ACM.

Kemenkes. (2022). Infodatin Lansia 2022. Indonesia. Retrieved from

https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/infodatin/Infodatin-Lansia-2022.pdf

Kominfo. (2020). Bersama Lindungi Data Pribadi Di Platform Digital. Retrieved from

https://www.kominfo.go.id/content/detail/28343/bersama-lindungi-data-pribadi-diplatform-digital/0/artikel

Kominfo. (2022). Report Survey Literasi Digital Indonesia 2022. Retrieved from

https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/ReportSurveiStatusLiterasiDigitalIndonesia2022.pdf

Kompas. (2019). Lansia Butuh Pendampingan. Retrieved from

https://www.Kompas.Id/Baca/Utama/2019/05/29/Lansia-Butuh-Pendampingan/.

Liputan6. (2016). Pengguna Internet Lansia Rentan Jadi Korban Kejahatan Siber. Retrieved from https://Www.Liputan6.Com/Tekno/Read/2618648/Pengguna-Internet-LansiaRentan-Jadi-Korban-Kejahatan-Siber.

Maulidina R, & Ridho K. (2020). Internet dan Metamorfosa Generasi Digital: Analisa Perbandingan Perilaku Penyebarluasan Berita Hoax Lintas Generasi. Jurnal Studi Jurnalistik, 2(2).

Moore, R. C., & Hancock, J. T. (2022). A digital media literacy intervention for older adults improves resilience to fake news. Scientific Reports, 12(1). doi:10.1038/s41598-022-08437-0

Paul Gilster. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley Computer Publications.

Soyeon, O. S., Kim, K. A., Kim, M., Oh, J., Chu, S. H., & Choi, J. Y. (2021). Measurement of digital literacy among older adults: Systematic review. Journal of Medical Internet Research. JMIR Publications Inc. doi:10.2196/26145

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syam, H. M., & Nurrahmi, F. (2020). “I Don’t Know If It Is Fake or Real News” How Little Indonesian University Students Understand Social Media Literacy. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(2), 92–105. doi:10.17576/JKMJC-2020-3602-06

Syamsoedin. (2015). Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial Dengan Kejadian Insomnia Pada Remaja Di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(1), 3(1).

Vanwynsberghe, H. (n.d.). How users balance opportunity and risk. A conceptual exploration of social media literacy and measurement. (Doctoral dissertation, Ghent University). https://biblio.ugent.be/publication/5780342




DOI: https://doi.org/10.24815/jkg.v12i1.31667

Article Metrics

Abstract view : 110 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Komunikasi Global (JKG)
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala
Jln. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh, 23111
Telp.  (0651) 7555267
Email: jkg@usk.ac.id

 

Published by:

 

Indexed by: