Indeks Literasi Digital Kader TP PKK

Ade Nurhopipah, Primandani Arsi

Abstract


Peningkatan kualitas literasi digital merupakan upaya penting terbentuknya Masyarakat digital sehat. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah identifikasi sejauh mana kompetensi pengguna dunia digital. Penelitian ini melakukan pengukuran Indeks Literasi Digital dengan target kader Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di Desa Tambaksari Kidul, Kembaran, Banyumas. Target ini dipilih karena mereka merupakan salah satu pihak yang berperan signifikan dalam menentukan keberhasilan pendidikan non-formal. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran tentang tingkat literasi kader PKK dibandingkan dengan Indeks Literasi Digital nasional di Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah survei yang mengadopsi instrumen Kementerian Komunikasi dan Informatika berdasarkan Road Map Literasi Digital Indonesia 2020-2024. Sebanyak 93 responden berpartisipasi dalam penelitian ini yang menggunakan jenis teknik total sampling. Hasil analisis menunjukan bahwa indeks tertinggi adalah pada pilar budaya digital dengan skor 4,05 dan indeks terendah adalah pada pilar keamanan digital dengan skor 2,83. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan Skor total Indeks Literasi Digital responden adalah 3,52, sedikit di bawah indeks nasional pada tahun 2022 yaitu sebesar 3,54.

 

Improving digital literacy quality is essential to create a healthy digital society. The first step is to identify the extent of the user's competence in the digital world. This research measures the Digital Literacy Index targeting the Family Welfare Empowerment Team (TP PKK) cadres, in Tambaksari Kidul Village, Kembaran, Banyumas. This target was chosen because they are one of the parties who play a significant role in determining the success of non-formal education. This research aims to provide an overview of the literacy level of PKK cadres compared to the national Digital Literacy Index in Indonesia. The instrument used was a survey that adopted the Ministry of Communications and Information Technology's instrument based on the Indonesian Digital Literacy Road Map 2020-2024. 93 respondents participated in this research using a total sampling technique. The results show that the highest index is in the digital culture pillar, with a score of 4.05, and the lowest index is in the digital security pillar, with a score of 2.83. The respondents' total Digital Literacy Index score is 3.52, slightly below the national index in 2022, which is 3.54.


Keywords


Digital Literacy Index; Digital Literacy Road Map; Indeks Literasi Digital; TP PKK; Road Map Literasi Digital

Full Text:

PDF

References


Ameliah, R., Negara, R. A., & Rahmawati, I. (2021). Status Literasi Digital di Indonesia 2021. In Kementrian Komunikasi dan Informatika. https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/litdik/Status_Literasi_Digital_diIndon

Ameliah, R., Akbar, R. A. N., Minarto, B., Manurung, T. M., & Akbar, M. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022. In Kementrian Komunikasi dan Informatika. https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/ReportSurveiStatusLiterasiDigitalIndonesia2022.pdf

Aulia, I. A., Vebrianto, R., & Mujtahid, I. M. (2022). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial dalam Mencegah Cyber Crime. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 3(1), 15–26. https://ejournal.anotero.org/index.php/milenial

Cahyani, V., Ilhamsyah, & Mutiah, N. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Pada Generasi Z Dengan Menggunakan Digital Competence Framework 2.1. Coding : Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 09(01), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jcskommipa/article/view/43917/75676589273

Chandra, S. (2021). Pengukuran Literasi Digital Siswa SMA Pramita di Tangerang. Seri Seminar Nasional Ke-III Universitas Tarumanagara Tahun 2021, 987–994. https://journal.untar.ac.id/index.php/PSERINA/article/view/17574

Chotimah, D. N., & Sutaman, S. (2020). Penguatan Relasi Multikultural Dengan Literasi Digital Di Desa Pait Kasembon Malang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 20(1), 75–90. https://doi.org/10.21580/dms.2020.201.5278

Daroin, A. D., & Auliya, S. M. (2022). Mengukur Tingkat Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Madiun. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(1), 31–36. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v15i12022p031

Dewi, R., Janitra, P. A., & Aristi, N. (2018). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Informasi Kesehatan Bagi Masyarakat. Media Karya Kesehatan, 1(2), 162–172. https://jurnal.unpad.ac.id/mkk/article/view/18721/9098

Husniyah, N., Ramadansyah, E., Pertiwi, H., Tamara, A. F., Purwaamijaya, B. M., & Nuryadin, A. (2023). Analisis Tingkat Literasi Digital UMKM di Jawa Barat. Economics and Digital Business Review, 4(1), 845–868. https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/430/257

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. ANUVA, 4(2), 231–240. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/8073

Ismah, Suhendri, & Kusdaryani, W. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Literasi Digital pada Era 4.0 Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Digital Literacy Training in The Era of 4.0 for Small Businesses to Increase Entrepreneurship Intention. ALTRUIS Journal of Community Services, 1(4), 174–181. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.13351

KatadataInsightCenter. (2020). Status Literasi Digital Indonesia. In Kementrian Komunikasi dan Informatika (Issue November). https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/litdik/Status_Literasi_Digital_Nasional_2020.pdf

Kateryna, A., Oleksandr, R., Mariia, T., Iryna, S., Evgen, K., & Anastasiia, L. (2020). Digital literacy development trends in the professional environment. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(7), 55–79. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.7.4

Latifah, K., Dewanto, F. M., & Harjanta, A. T. J. (2020). PKM Literasi Digital Bagi Kelompok Ibu-Ibu PKK Dan Kelompok Umkm Kelurahan Tlompakan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Join-Jurnal Program Kemitraan Dan Pengabdian Kepada Massyarakat, 1(1), 11–15. https://join.upgris.ac.id/index.php/join/article/view/3/3

Latip, A., & Sutantri, N. (2021). Profil Literasi Digital Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan, 22(1), 32–42. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/884/822

Law, N., Woo, D., de la Torre, J., & Wong, G. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. In UNESCO Institute for Statistics (Issue 51). https://uis.unesco.org/sites/default/files/documents/ip51-global-framework-reference-digital-literacy-skills-2018-en.pdf

Lestari, P., Kusmantini, T., & Chandrasari, Y. (2021). Digital literacy communication model of ‘tular nalar’ curriculum during COVID-19. Jurnal Studi Komunikasi, 5(3), 693–708.

https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jsk/article/view/4419/2116

Lestari, S., & Kurnianingsih, I. (2018). Pengukuran Kemampuan Literasi Digital Orang Tua Menggunakan Instant Digital Competence Assessment (Instant DCA). Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 91–108. https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/bibliotech/article/view/598/580

Limilia, P., & Aristi, N. (2019). Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Komunikatif, 8(2), 205–222. http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/2199/pdf

Meliza, S. A., Hermita, N., & Putra, Z. H. (2022). Pengukuran kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics Education, 1(1), 92–96. https://ijsteame.ejournal.unri.ac.id/index.php/ijsteame/article/view/7/14

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11635/

Nisa, U., Nisak, C. L. C., & Fatia, D. (2023). Literasi Digital Lansia Pada Aspek Digital Skill Literasi Digital Lansia Pada Aspek Digital Skill. Jurnal Komunikasi Global, 12(1), 143–167.

https://jurnal.usk.ac.id/JKG/article/view/31667/18309

Nugroho, C., & Nasionalita, K. (2020). Indeks Literasi Digital Remaja di Indonesia Digital Literacy Index of Teenagers in Indonesia. Jurnal Pekommas, 5(2), 215–223. https://doi.org/DOI:10.30818/jpkm.2020.2050210

Ramayanti, R., & Sa’diyah, L. (2017). Peranan Literasi Media Digital dalam Mencegah Penyebaran Hoaks. Baitul Al ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1, 1–15. https://doi.org/10.30631/baitululum.v1i0.15

Saryono, Astuti, S., Hardiyanto, L., & Nurjanah, K. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Keterampilan Literasi Digital Bagi Kader PKK & Posyandu. PUBLICA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://asianpublisher.id/abdimas/index.php/publica/article/view/17/11

Setiawan, I. M. J., Ardika, I. W., Sumaryawan, I. K. A., & Mahaputra, I. N. K. A. (2022). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Z di Era Society 5.0 di Denpasar Dalam Menanggulangi Penyebaran Berita Hoaks. Webinar Nasional Pekan Ilmiah Pelajar UKM Kelompok Ilmiah Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar, 92–120. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/4424/3418

Susanti, L. D., Indrianti, D. T., Hilmi, M. I., & Handayani, S. M. (2022). Empowering Women in the Dasa Wisma Group in Banyuwangi. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Digital Literacy, 6(September). https://doi.org/10.21831/diklus.v6i2.49504

Tazun, G. A., Purwak, & Samosir, F. T. (2022). Analisis Literasi Digital Siswa di SMAN 3 Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. JIPKA, 1(2), 121–130. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JIPKA/article/view/55365

Triyono, A., Basori, M. H., & Suhariyanto. (2023). Optimalisasi Literasi Digital Bagi Anggota PKK Desa Pabelan Dalam Mengatasi Informasi dan Berita Hoak di Internet. Jurnal Abdi Insani, 10(2), 795–802. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i2.943

Ulum, M. B., & Utami, P. R. (2022). Resolusi Konflik Agama Berdasarkan Budaya Penginyongan Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Penelitian Agama, 23(2), 263–280. https://doi.org/10.24090/jpa.v23i2.2022.pp263-280

Yojana, Y. (2022). Gambaran Literasi Digital Tenaga Kesehatan Peserta Pelatihan di Bapelkes Cikarang Kementerian Kesehatan RI. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2127–2133. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2262

Zaenudin, H. N., Fahrul, A., Affandi, M., Priandono, T. E., Endriski, M., & Haryanegara, A. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa SMP Di Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2), 167–180. https://doi.org/10.20422/jpk.v2i23.727




DOI: https://doi.org/10.24815/jkg.v13i1.36633

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Komunikasi Global (JKG)
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala
Jln. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh, 23111
Telp.  (0651) 7555267
Email: jkg@usk.ac.id

 

Published by:

 

Indexed by: