Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Bencana Berbasis Storynomic pada Museum Tsunami Aceh
Abstract
Storynomic menjadi pendekatan yang penting dalam pengembangan strategi komunikasi pemasaran wisata dengan mengandalkan kekuatan cerita dari suatu atraksi wisata seperti Museum Tsunami Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran wisata bencana Museum Tsunami Aceh berbasis storynomic dengan melihat indikator audiens sasaran, materi pelajaran, insiden yang menghasut, objek keinginan, tindakan pertama, reaksi pertama, pilihan krisis dan reaksi iklim. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang komprehensif melalui wawancara kepada sembilan informan seperti pengelola dan pengunjung Museum Tsunami Aceh, observasi lapangan, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Museum Tsunami Aceh secara umum telah melakukan strategi tersebut sebagai gaya pemasaran wisata atau promosi dengan memenuhi delapan indikator capaian. Sejauh ini dalam menjalankan strategi pemasaran wisata berbasis tidak ada hambatan yang dihadapi. Akan tetapi, Museum Tsunami Aceh belum menjadi destinasi wisata super prioritas dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga penerapan konsep storynomic belum dilakukan secara komprehensif.
Storynomic is an important approach to developing tourism marketing communication strategies by relying on the strength of a tourist attraction's story, such as the Aceh Tsunami Museum. This study aims to analyze the Aceh Tsunami Museum's disaster tourism marketing strategy based on storynomic by examining indicators such as target audience, subject matter, inciting incident, object of desire, first action, first reaction, crisis options, and climax reaction. The descriptive qualitative method was used to obtain comprehensive data through interviews with nine informants, including managers and visitors to the Aceh Tsunami Museum, field observations, and document analysis. The results demonstrated that the Aceh Tsunami Museum has successfully implemented a tourism marketing or promotion strategy by meeting all eight achievement indicators. So far, there have been no obstacles in carrying out the tourism-based marketing strategy. However, the Aceh Tsunami Museum has not yet been designated a super-priority tourist destination by the Ministry of Tourism and Creative Economy, so the application of the concept has not been carried out comprehensively.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Z. B. N., Saroh S., & Krisdianto D. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Pada Pengunjung Pantai Boom Banyuwangi). Jiagabi, 10(1), 132–139.
Amanda, S. R., Fahrimal, Y., & Husna, A. (2023). Pengembangan Pariwisata Pasca- Bencana Melalui Pendekatan Storynomic. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2(1), 151–156. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.112
Amron, Hidayat, R. R., Nur, M. D., & Meinita, & Trenggono, M. (2021). Underwater Noise Of Traditional Fishing Boats In Cilacap Waters, Indonesia. Heliyon, 7(11), 1-7.
Andriansyah, A., Nasution, B., & Siregar, O. M. (2021). Pengaruh Pariwisata Syariah Dan Motivasi Berwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Objek Wisata Syariah Museum Tsunami Aceh, Kota Banda Aceh. SENRIABDI, 1080-1094.
Arini, N. N., Putra, I. N. S. A., & Putri, I. A. K. (2024). Storynomics Tourism: Promosi Daya Tarik Wisata di Kawasan Wae Bobok Kabupaten Menggarai Barat Melalui Tradisi Lisan. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama dan Budaya, 9(1), 10-19.
Ariotejo, A., Thahir, A. R., & Tundono, S. (2020). Penerapan Konsep Arsitektur Postmodern Padafasad Bangunan Museum. In Prosiding Seminar Intelektual Muda, 2(1).
Astriyantika, M. (2022). Pemasaran Ekowisata Way Lalaan melalui Konsep Storynomic Tourism sebagai Strategi Pelestarian Budaya dan Sejarah. Jurnal Pesona Pariwisata, 1(1), 53-58.
Bala, M. (2018). Peran Sektor Pariwisata Dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Toraja Utara (Doctoral dissertation).
Christiani, L. C., Ikasari, P. N., & Nisa, F. K. (2022). Creative tourism development through storynomics tourism model in Borobudur. Jurnal Studi Komunikasi, 6(3), 871-884.
Dafrina, A. (2019). Penerapan Arsitektur Metafora Pada Museum Tsunami Aceh Di Banda Aceh. Arsitekno, 2(2), 1-8.
Disbudpar, A. (2023). Kunjungan Wisatawan Museum Tsunami Aceh. Disbudpar.Acehprov.go.id.
Djafri, N., Caroline, C., Stiadi, M., & Sumiati, S. (2023). Storynomics in the Digital Era: a New Strategy for Creating Engaging Tourist Experiences Through Compelling Narratives. International Journal of Humanities, Social Sciences and Business (INJOSS), 2(3), 556–569.
https://injoss.org/index.php/joss/article/view/97/115
Fadillah, F., & Kusumawati, N. (2021). Factors Affecting Makeup Products Online Impulsive Buying Behavior on TikTok. Proceeding Book of The 6th ICMEM, no. August, 11-13.
Grayman & Bronnimann. (2018). A tale of two museums in post-tsunami and post- conflict Aceh, Indonesia. In The Tourism–Disaster–Conflict Nexus (Vol. 19, pp. 105–117). Emerald Publishing Limited.
Hakim, A. G. Hadiono, A., Mulyani I., Jumanah, Sanjaya N., & Destiana. (2022). Pemulihan Ekonomi Pasca Bencana Untuk Masyarakat Pesisir di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 10(1), 367-373.
https://doi.org/10.47828/jianaasian.v10i1.100
Halim, S., Inggrid, I., & Bisono, I. N. (2014). Evaluasi Dampak Bencana Tsunami 2014 terhadap Kinerja Perekonomian Propinsi Aceh: Aplikasi Synthetic Control Methods. Universitas Kristen Petra.
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213-220.
Hardianto, W. T., Adhitama, M. O., & Jovano, C. (2021). Dampak Rebranding Kota Batu Untuk Meningkatkan Jumlah PAD Dari Sektor Pariwisata. INTELEKTUAL (e-Journal Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi, 8(2), 92–98. https://doi.org/10.55499/intelektual.v8i2.2
Hekmat, M., & Partovi, P. (2019). Conceptual Model & Analytical Framework of museum visitor experience. Journal of Visual and Applied Arts, 12(25), 25–46.
Ira, W. S., & Muhamad, M. (2020). Partisipasi Masyarakat pada Penerapan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan (Studi Kasus Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Magelang). Jurnal Pariwisata Terapan, 3(2), 124. https://doi.org/10.22146/jpt.43802
Kartika, T., & Riana, N. (2020). Storynomics Tourism as an Effective Marketing Strategy on Tourism Destination (Case Study on Tangkuban Parahu, West Java- Indonesia). Tourism and Sustainable Development Review, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.31098/tsdr.v1i1.8
Kartini, A. R. (2021). Analisis SWOT terhadap Storynomics Tourism Sebagai Strategi Promosi Pariwisata (Studi Kasus Kawasan Wisata Kali Cisadane, Kota Tangerang, Banten, Indonesia). Dynamic Management Journal, 5(2), 58–69.
Karyahastana, B. (2016). Museum dan fasilitas pelatihan pengurangan resiko bencana geologi untuk anak-anak di Malang. EDimensi Arsitektur Petra, 4(2), 569–576.
Kertamukti & Nashira. (2022). Proceedings of the Annual International Conference on Social Science and Humanities (AICOSH 2022). In Proceedings of the Annual International Conference on Social Science and Humanities (AICOSH 2022) (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-87-9
Kim, J. H., & Youn, H. (2017). How to design and deliver stories about tourism destinations. Journal of Travel Research, 56(6), 808-820.
Komang, N. K. T. A. N., Aprelia, T., & Pitanatri, P. D. S. (2021). Efektivitas Penerapan E-commerce Melalui Website Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Ayodya Resort Bali. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 3(1), 28-36.
Marsih, L., Hasanah, L. U., Susanti, A. R., & Sagitaningrum, D. (2023). Pendampingan Pembuatan Video Storynomic Berbahasa Inggris Sebagai Media Promosi Desa Wisata Claket Menuju Desa Wisata Berdaya Saing Internasional. Prosiding Semnaskom-Unram, 5(1), 215-226.
McKee, R., & Gerace, T. (2018). Storynomic Story-Driven Marketing in the Post- Advertising Word. Grand Central Publishing.
Mukti, N. A. (2021). Mengembangkan Potensi Wisata dengan Storynomics Tourism di Indonesia. Kemenparekraf/Baparekraf RI.
https://kemenparekraf.go.id/ragam- pariwisata/Mengembangkan-Potensi-Wisata-dengan-Storynomics-Tourism-di- Indonesia
Munzir, M., Fachrurrozi, K., & Syahputra, F. (2022). Pengembangan Kawasan Wisata Tsunami di Kota Banda Aceh (Studi Implementasi Kebijakan Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2013 Tentang Kepariwisataan). Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 6(2), 92-108.
Naiditch, M., Gertz, R., & Chamorro, E. (2017). How do you museum?: Marketing user-generated content to engage audiences. MW17: Museums and the Web 2017.
Nazaruddin, M., & Indah, L. S. (2021). Tsunami in the Collective Memory: A Reception Study of the Visitors of Tsunami Memorials in Aceh, Indonesia. Asian Journal of Media and Communication, 5(1).
Ning, B., Wei, G., Lin, R., & Guo, Y. (2022). A novel MADM technique based on extended power generalized Maclaurin symmetric mean operators under probabilistic dual hesitant fuzzy setting and its application to sustainable suppliers selection. Expert Systems with Applications, 204, 117419.
Nuryasmin, C., & Furqan, M. H. (2023). Kesiapan Pengelolaan Objek Wisata Unggulan Program Wisata Halal (Halal Tourism). Jurnal Samudra Geografi, 06(02), 105– 111.
Pasaribu, A. W., Ginting, J. A., & Andriani, N. N. (2022). Tourism Storytelling, Dampaknya terhadap Niat Perilaku Wisata di Kawasan Danau Toba Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 16(1), 77-85.
Perdana, M. A., Putra, A. P., & Rusmawan, P. N. (2023). Peningkatan Strategi Promosi Pariwisata Budaya Festival Event Kuliner Tradisional di Desa Pondoknongko Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), 263-270.
Putri, & Pujani. (2020). Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Pariwisata Kawasan Rawan Bencana di Desa Ban, Kabupaten Karangasem, Bali. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(2).
Rafliana, I. (2014). Pengurangan Risiko Bencana: Sebuah Restrospeksi Pasca-Tsunami Aceh 2004. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 3(1), 48–60.
Rahman, M. L. A., Veeramuthu, S. P., & Balakrishnan, P. A. (2023). Tsunami Memories in Poetry and the Potential of “Dark Tourism.” International Journal of Academic Research in Business & Social Sciences, 13(6), 584 – 597.
Rizki, G. A. F., Prihandini, T. F., Triyono, M. B., & Priyanto, P. (2024). Pemanfaatan teknologi digital dan strategi marketing untuk meningkatkan efektivitas pemasaran: studi kasus pada Desa Wisata Tinalah. PETA-Jurnal Pesona Pariwisata, 2(1), 38– 48. Retrieved from https://peta.upnjatim.ac.id/index.php/peta/article/view/8
Sabila, F., Arafat, P., Agustina, S., & Yusuf, M. A. (2024). Memorialization at Conflict Heritage Sites in Aceh based on Major Events. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 1301(1).
Sakdiah, H., & Mauliza, E. (2023). Pemulihan Pasca Tujuh Belas Tahun Tsunami Aceh dari Tinjauan Sosial dan Ekonomi Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Jurnal Sains Riset, 13(1), 140–149. https://doi.org/10.47647/jsr.v13i1.980
Saraswati & Afifi, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Di Masa Pandemi Covid-19 (Tourism Marketing Communication Strategy in the Covid-19 Pandemic Period). CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 138–155. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i2.2743
Sari, I. A. L., Putra, I. N. D., Purnawan, N. L. R., & Suardiana, I. W. (2022). Storynomics Bali Aga: Pemanfaatan Cerita Rakyat untuk Promosi Desa Wisata Sidetapa, Kabupaten Buleleng. Jumpa: Jurnal Master Pariwisata, 8(2), 721-740.
Sasili, A. S. A. (2023). Peran Strategis Dinas Pariwisata Sebagai Salah Satu Aktor Pengembangan Pariwisata Pantai (Studi Kabupaten Gunungkidul Dari Perspektif Ilmu Pemerintahan).
Setyanugraha, R. S., Fitriana, A., & Hasibuan, R. R. (2021). Festival Wisata Online Sebagai Bentuk Komunikasi Pemasaran Dan Peningkatan Kinerja Keuangan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 54- 62.
Silitonga, F., Wibowo, A. E., Maldin, S. A., Sianipar, B., & Nasution, M. N. A. (2023). Pengembangan Objek Wisata Sebagai Investasi Masyarakat Di Pulau Lance Batam. Jurnal Keker Wisata, 1(1), 1-11.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Swesti, W. (2022). Dampak Pariwisata Terhadap Kondisi Sosial Budaya Masyarakat Di Banda Aceh. Bulletin of the L.N. Gumilyov Eurasian National University. Chemistry. Geography. Ecology Series, 130(1), 18–22. https://doi.org/10.32523/2616-6771-2020-130-1-18-22
Wijayanti, Y. T. (2021). Komunikasi Pemasaran Wisata Halal di Banyuwangi dan Gunungkidul. Jurnal Komunikasi, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss1.art5
Zahara, V. M., Anwar, C. J., Suci, S. C., & Ginanjar, R. A. F. (2023). Sociopreneurship concept dan storynomic tourism sebagai upaya pengembangan ekonomi Wisata Kapal Bosok Serang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 520–527. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12357
DOI: https://doi.org/10.24815/jkg.v13i1.37816
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi Global (JKG)
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Syiah Kuala
Jln. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh, 23111
Telp. (0651) 7555267
Email: jkg@usk.ac.id
Published by:
Indexed by: