Kesantunan Berbahasa Mahasiswa-Dosen dalam Tuturan Komunikasi Daring

Reni Huta Pea

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan maksim kesantunan berbahasa mahasiswa-dosen dalam tuturan komunikasi daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Data penelitian ini bersumber dari tuturan yang digunakan mahasiswa-dosen Universitas Syiah Kuala, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2018 kelas 01 saat perkuliahan daring berlangsung. Teknik yang dilakukan saat pengumpulan data ialah observasi, rekam, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi data yang sudah ditranskripsikan ke dalam bentuk tulisan, mengklasifikasi data prinsip kesantunan berbahasa, dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan mahasiswa-dosen memenuhi prinsip kesantunan yang diungkapkan oleh Leech (2015), yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kerendahan hati, maksim kesetujuan, dan maksim kesimpatisan. Prinsip kesantunan dalam penelitian ini paling banyak terdapat pada tuturan dosen, yaitu 22 data tuturan dosen dan 8 data tuturan mahasiswa.

Kata Kunci: kesantunan berbahasa, komunikasi daring, dan tuturan


References


Azwardi. (2018). Metode Penelitian: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Syiah Kuala University Press.

Basri, M. S., Safitri, H., & Hakim, M. N. (2021). Kesantunan Berbahasa: Studi pada Pembelajaran Daring. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 7(1), 242-248.

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Rineka Cipta.

Leech, G. (2015). Principle of Pragmatics. Terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia oleh OKA. UI Press.

Markhamah & Sabardila, A. (2009). Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Muhammadiyah University Press.

Musyawir, M. (2019). Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Panca Rijang Sidenreng Rappang. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 4 (02), 1-6.

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Rahardi, K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Erlangga.

Rahardi, K., Setyaningsih, Y., & Dewi, R. P. (2016). Pragmatik Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa. Erlangga.

Rahmawati, R. T., Hendaryan, Herdiana, & Hidayat, T. (2021). Instagram: Pengaruhnya dalam Kesantunan Berbahasa Mahasiswa. Diglossia, 5(1), 100-112.

Ramadhan, D, Rahayu N, & Djunaidi, B. (2020). Kesantunan Berbahasa dalam Diskusi pada Acara Indonesia Lawyers Club di TV One. Wacana, 18(2), 131-143.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Wijayanti, W & Saputra, A. W. (2021). Implementasi Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi. Jurnal Sastra Indonesia, 10(3), 248-254.




DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v16i1.23852

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License