PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DRAMA BERBASIS NILAI NASIONALISME UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS

Adliyanto Adliyanto, Indrya Mulyaningsih, Tato Nuryanto

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa SMP kelas VIII dalam pembelajaran Drama untuk membentuk nilai nasionalisme dan (2) pengembanagan video pembelajaran drama terhadap penanaman nilai nasionalisme menggunakan film yang mengandung nilai nasionalisme pada siswa SMP/MTs Kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R & D dengan model 4-D yang mempunyai empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), Penyebarluasan (disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket, dalam penelitian ini rancangan bahan ajar teks drama berorientasi nilai nasionalisme bagi kelas VIII SMP dikemas dalam bentuk video audio visual. Pembelajaran materi teks drama menginterpretasi drama (tradisional atau modern) yang dibaca dan ditonton atau didengar. Berdasarkan hasil validasi kelayakan bahan ajar audio visual oleh tiga validator diperoleh kategori “layak dengan perbaikan”. Kesimpulan yang didapat dari hasil validasi bahan ajar teks drama berorientasi nilai nasionalisme ini telah valid untuk digunakan.  

Kata Kunci: R&D 4-D, teks drama, nilai nasionalisme

ABSTRACT

The purposes of this study are (1) to describe the needs of Grade VIII junior high school students in drama learning to form nationalist values and (2) development of a drama learning video to instill nationalism values using films that contain nationalism values for Grade VIII SMP/MTs students. The method used in this study is the R&D (Research and Development) method, while the model used by the author is a 4-D model which has four stages: define, design, develop, disseminate. The data collection techniques used were interviews and questionnaires, in this study the design of nationalism-oriented drama text teaching materials for grade VIII junior high school was packaged in the form of an audio-visual video. The learning material for drama texts interprets drama (traditional or modern) that is read and watched or heard. Based on the results of the validity validation of the audio-visual teaching materials by the three validators, they obtained the category "decent with improvement".

Keywords: 4-D R&D, dramatic text, nationalism value.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Daryanto, (2013). Menyusun modul (Bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar). Gava Media.

Daryanto & Dwicahyono A. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Gava Media.

Dibia, I. K. (2018). Apresiasi bahasa dan sastra Indonesia. Rajawali Pers.

Kosasih, E. (2012). Jenis-jenis teks. Yrama Widya.

Majid, A. (2013). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. PT Remaja Rosdakarya.

Nuryanto, T. (2017). Apresiasi drama. Rajawali Press.

Susilowati, N. (2015). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono, (2016). Metode penelitian pendekatan pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Afabeta.

Taniredja, T. (2013). Konsep dasar pendidikan kewarganegaraan. Penerbit Ombak.

Tarigan, H. G. (2011). Menulis. Angkasa.

Tomlinson, B. (2007). Developing materials for lengauage teaching. Cromwell Press.

Wamad, S. (2019). Hendak Tawuran, 23 Remaja Cirebon Ditangkap Polisi. Detik News, 25 November 2019. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4797043/hendak-tawuran-23-remaja-cirebon-ditangkap-polisi.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan praktik penelitian kuantitatif kualitatif penelitian tindakan kelas (PTK) research and development (R&D). Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24815/jbs.v17i2.30912

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bahasa dan Sastra

ISSN 1693-962X  (print) | 2654-6582 (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.usk.ac.id/JLB
Email     : jimpbsi@fkip.usk.ac.id

Creative Commons License