EVALUASI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TARIF TOL BECAKAYU
Abstract
This study aims to evaluate the level of satisfaction of toll road users with regard to the tariff policy set by the government about stipulating of Becakayu Toll Tariff towards the member of vehicles passing. This study uses quantitative methods that is carried out using survey technique. The instrument used to obtain data is by questionnaire distribution. The selection of sample using purposive sampling which is delivery 164 respondents. Respondents' perceptions were measured by Likert scale 1-4. Public Satisfaction Index (PSI) is calculated based on Regulation of Minister the Empowerment of State Apparaturs Number 14 year 2017 concerning Guidelines for preparing public satisfaction survey. The result show that PSI for policy of Becakayu Toll Tariff is 69.63, which include in C category (less satisfaction), this is caused by the service element which is considered to be inadequate is Cost/Tariff compared to other service elements that get the lowest interval value of 2.36 (Dissatisfied). As the result for passing the Becakayu toll public must expense more money and not comparable with the length of toll. Recommendation for this study ins Government should adjust the toll tariff by considesing the length, services quality, and publics capability, so that Becakayu toll tariff must be reduced or the length of Becakayu toll must be extended. The appropriate toll tariff range between Rp 5.000,00 to Rp 10.000,00.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna jalan tol berkaitan dengan tarif yang ditetapkan Pemerintah tentang penetapan tarif Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) terhadap jumlah volume kendaraan yang melintas. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik survey melalui penyebaran koesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 164 responden. Persepsi responden diukur dengan menggunakan skala likert 1-4. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dihitung berdasarkan Permen PAN Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa IKM mengenai kebijakan tarif tol Becakayu sebesar 69,63 (termasuk dalam kategori nilai C atau Kurang Puas). Hal ini disebabkan oleh unsur pelayanan yang dinilai kurang baik adalah Biaya/Tarif dibanding unsur pelayanan lain yang mendapat nilai interval paling rendah yaitu 2,36 (Tidak Puas). Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk menempuh jalan tol Becakayu dianggap terlalu mahal dan tidak sebanding dengan jarak tempuh jalan tol. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah pemerintah harus menyesuaikan tarif tol dengan mempertimbangkan panjang tol, kualitas pelayanan serta kemampuan masyarakat sehingga tarif tol becakayu harus diturunkan atau panjang jalan tol Becakayu ditingkatkan. Kisaran harga yang dipandang sesuai adalah antara Rp 5.000,00 sampai dengan Rp. 10.000,00.
Kata kunci : Evaluasi Kebijakan, Indeks Kepuasan Masyarakat, Tol Becakayu, Tarif Tol
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiyat, Afif Ahmad. (2015). Kajian Kinerja Pelayanan Dan Tarif Kereta Api Eksekutif Jurusan Malang – Jakarta (Studi Kasus Kereta Api Eksekutif Bima). Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya. Volume 1 Nomor 2.
Dunn, William N. (2000). Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Edi Wijaya Kusuma dkk. (2014). Pengaruh Tarif dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Raa Soewondo Pati. Jurnal Ilmu Administrasi Undip.
Miro, Fidel. (2005). Perencanaan transportasi: Untuk mahasiswa, perencana dan praktisi. Jakarta: Erlangga.
Hair, J.F., Anderson, R.E., Tatham, R.L., and Black, W.C.(1995), Multivariate Data Analysis with Readings, (Fourth ed.), Prentice Hall: New Jersey.
Hapsari Laras & Estuning Tyas Wulan Mei. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Jurnal Bumi Indonesia, Volume 6, Nomor 3.
Islamy, I. (2010). Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (2018). Menteri Basuki Cek Kesiapan Tol Becakayu Jelang Diresmikan. Jakarta: 1 hlm. https://www.pu.go.id/berita/view/14953/menteri-basuki-cek-kesiapan-tol-becakayu-jelang-diresmikan, 20 November 2018, pk. 21.50 WIB.
Luciana, Anisa. (2018). Dinilai Mahal, Tarif Tol Becakayu Dikeluhkan Pengguna Jalan, Jakarta: 1 hlm. https://bisnis. tempo.co/read/1049039/dinilai-mahal-tarif-tol-becakayu-dikeluhkan-pengguna-jalan/full&view=ok, 20 November 2018, pk. 21.20 WIB.
Said, Ali dkk. (2016). Potret awal tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals) di Indonesia. Jakarta: BPS.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (1999). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2006). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tonggo, Hasian Laurentius. (2017). Jokowi Resmikan Tol Becakayu Seksi 1B dan 1C. http://binamarga.pu.go.id/BM/index.php/produk/jaringan-jalan/jaringan-jalan-tahun-2009/560. Diakses pada tanggal 8 November 2018.
Wijayanti, Ani. (2008). Strategi Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Produk Kartu Seluler Prabayar Mentari Indosat Wilayah Semarang). Tesis. Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. https://www.pu.go.id/
Badan Pengatur Jalan Tol http://bpjt.pu.go.id/v2/tabel-tarif-tol Diakses pada tanggal 8 November 2018.
Undang-Undang Nomor 38 tahun 2004 tentang Jalan.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Suyitna. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan CV. Langgeng Jaya. Jurnal Agora, Vol. 5, Nomor 3.
Xia. (2004). Influence Of Price And Quality To Customer Satisfaction: Neuromarketing Approach. Dalam Jurnal Science-Future Of Lithuania, Vilnius Gediminas Technical Univesity.
DOI: https://doi.org/10.24815/jped.v5i2.13196
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PERSPEKTIF EKONOMI DARUSSALAM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________
Indexed by:
___________________________________________________________
Published by:
Islamic Economics Department
Economics and Business Faculty
Syiah Kuala University
Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.