FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENINGKATAN WAKAF TUNAI DI BANK SYARIAH INDONESIA KOTA BANDA ACEH
Abstract
Cash Waqf is a type of productive waqf innovation that can be developed and managed flexibly in the Islamic economic and financial sectors. However, the increase in cash waqf collected in Indonesia in general and Banda Aceh in particular is still far from its potential. There are many influencing factors, both internally and externally. For example product constraints, digital marketing and religiosity which are very dominant. The purpose of this study was to determine the effect of price, digital promotion and religion on increasing cash waqf at Bank Syariah Indonesia, Banda Aceh City. In this study, the samples were Bank Syariah Indonesia Banda Aceh customers, totaling 105 respondents. Data collection was carried out through a questionnaire. The sampling technique used was purposive sampling. Data analysis method using multiple linear regression analysis to measure the influence between variables. The results showed that the effect of price, digital promotion and religion simultaneously had a positive and significant effect on increasing cash waqf. Religious knowledge and media access are also factors that influence, either partially or simultaneously, perceptions of cash among the people of Banda Aceh City. However, participation in social/religious organizations sometimes does not have a significant effect.
Keywords: Product, Cash Waqf, Religiosity, Digital Marketing
AbstrakWakaf Uang adalah salah satu jenis inovasi wakaf produktif yang dapat dikembangkan dan dikelola secara fleksibel di sektor ekonomi dan keuangan syariah. Namun, peningkatan wakaf tunai yang terkumpul di Indonesia secara umum dan Banda Aceh secara khusus masih jauh dari potensinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi sangat banyak, baik secara internal dan eksternal. Misalnya kendala produk, pemasaran digital dan religiusitas yang sangat dominan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh harga, promosi digital dan religi terhadap peningkatan wakaf tunai di Bank Syariah Indonesia, Kota Banda Aceh. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah nasabah Bank Syariah Indonesia Banda Aceh yang berjumlah 105 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengukur pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh harga , promosi digital dan religi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan wakaf tunai. Pengetahuan agama dan akses media juga menjadi faktor yang mempengaruhi, baik secara parsial maupun simultan, persepsi tentang uang tunai di kalangan masyarakat Kota Banda Aceh. Namun, partisipasi dalam organisasi sosial/keagamaan terkadang tidak memberikan pengaruh yang signifikan.
Kata kunci: Produk, Wakaf Tunai, Religiusitas, Pemasaran Digital
Keywords
References
Abu-Alhaija, A. S.-A. etal.(2018) ‘Religion in ConsumerBehaviourResearch: the Significance of Religious Commitmentand Religious Affiliation’, International Journalof Economics, Commerceand Management, VI(1), pp. 245–258
Apriyanti, H. W., Islam, U., & Agung, S. (2018). Model Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia Pendahuluan Industri keuangan syariah di Indonesia mengalami perkembangan yang. 9, 83–104.
Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-CommerceManagement, Strategy, Implementation, andPractice. Pearson EducationLimited.
Chotimah, C. (2015). PENGARUH PRODUK Chusnul Chotimah B 200 100 154. Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Masyarakat Memilih Bank Syariah Di Surakarta, 1–15.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2011). Tanya Jawab Wakaf Uang. Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat
Kholid, H. (2020). Wakaf Uang ; Strategi mempertahankan Pertumbuhan Ekonomi Syariah di tengah pandemi Covid-19. Webinar Internasional Ekonomi Syariah Menjaga Pertumbuhan Ekonomi Syariah Di Tengah Pandemi Covid-19”“Strategi, 1–12.
Kian, Lia. 2016. “Syariah Compliance Untuk Pengembangan Inovasi Produk Perbankan Syariah DiIndonesia.”2016.https://www.researchgate.net/publication/321197350_Shariah_Compliance_Untuk_Inovasi_Produk_B ank_Syariah.
Setiyani, M. S. (2020). PENERAPAN WAKAF UANG SECARA PROFESIONAL MENURUT HUKUM ISLAM (ApplicationofCashWaqf in GoodGovernance). 4(1), 1–9.
Sigit, K. N., & Soliha, E. (2017). KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH. 21(040), 157–168.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV.
Wibowo, M.Si, I., & Samad, A. (2016). Pengaruh Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs Di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3). https://doi.org/10.35137/jmbk.v4i3.60
DOI: https://doi.org/10.24815/jped.v9i2.32541
Article Metrics
Abstract view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________
Indexed by:
___________________________________________________________
Published by:
Islamic Economics Department
Economics and Business Faculty
Syiah Kuala University
Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.