EFEKTIFITAS LABEL HALAL, KESADARAN HALAL DAN BAHAN BAKU TERHADAP MINAT BELI WISATAWAN DI KOTA BANDA ACEH

Syahriyal - Syahriyal, Muhammad Iqbal, Safarul Aufa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh label halal, kesadaran halal dan bahan makanan secara parsial maupun simultan terhadap minat beli wisatawan di Kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket/kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 97 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling. Analisis yang digunakan menggunakan uji regresi linear berganda. Berdasarkan analisis data yang dilakukan hasil penelitian menemukan bahwa: (1) label halal berpengaruh negatif terhadap minat beli dengan nilai regresi 0.278 dan tingkat signifikansinya 0.091. (2) kesadaran halal berpengaruh negatif terhadap minat beli dengan nilai regresi 0.146 dan tingkat signifikansinya 0.307. (3) bahan baku berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai regresi 0.268 dan tingkat signifikansinya 0.050. (4) label halal, kesadaran halal dan bahan baku secara simultan berpengaruh positif terhadap minat beli dengan tingkat signifikansinya 0,000, lebih kecil dari 0,05. Dari hasil penelitian ini menunjukkan nilai Adjusted R2 Square sebesar 0.520 atau 52 %, Sedangkan 48% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian.


Keywords


Kuliner, Label Halal, Kesadaran Halal, Bahan Baku, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. A., Abaidah, T. N., & Yahya, M. H. A. (2013, March). A study on halal food awareness among Muslim customers in Klang Valley. In The 4th International Conference on Business and Economic Research (4th icber 2013) Proceeding (Vol. 1074, pp. 17-30).

Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). The influence of attitudes on behavior. In D. Albarracín, B. T. Johnson, & M. P. Zanna (Eds.), The handbook of attitudes (pp. 173-221). Mahwah, NJ: Erlbaum

Al-Qur’an dan Terjemahannya. (2008). Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro

Amarul, A., & Supriatna, Y. (2023). Kesadaran Masyarakat Tentang Label Halal Dalam Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Kota Serang. Jurnal Manajemen Perusahaan: JUMPA.

Ardiyanti, A., Nashril, T. T. A., & Helmi, A. (2013). A Study on Halal food awareness among Muslim customers in Klang Valley. In the 4th International Conference on Business and Economic Research.

Asnawi, H. N., & Masyhuri, H. (2009). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran (Dilengkapi Dengan Contoh Hasil Penelitian). UIN-Malang Press, Malang.

Aziz, Y. A., & Chok, N. V. (2013). The role of Halal awareness, Halal certification, and marketing components in determining Halal purchase intention among non-Muslims in Malaysia: A structural equation modeling approach. Journal of International Food & Agribusiness Marketing, 25(1), 1-23.

Burhanuddin. 2011. Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal. Malang: UIN-MALIKI PERS

Departemen Agama Republik Indonesia, Panduan Sertifikasi Halal, Jakarta: Departemen Agama RI, 2003.

Fauziah, F. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Kemasan Halal Berlabel Mui di Kota Surakarta.

Firmansyah, D., Mubyarto, N., & Fernanda, R. (2020). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Mie Instan (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Fishbein, M., & Ajzen, I. (2005). Theory-based behavior change interventions: Comments on Hobbies and Sutton. Journal of health psychology, 10(1), 27-31.

Ghozali, I., & Sahrah, A. (2017). Pengaruh efikasi diri dan kecerdasan menghadapi rintangan terhadap niat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Bangka Belitung. Society, 5(1), 33-43.

Hrubes, D., Ajzen, I., & Daigle, J. (2001). Predicting hunting intentions and behavior: An application of the theory of planned behavior. Leisure Sciences, 23(3), 165-178.

Izzuddin, A.F. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner Jember.

Kementerian Perindustrian, Pelaku Usaha, Ini Ketentuan Penggunaan Label Halal Indonesia Terbaru, Kompas.com, 14 Maret 2022, Link: halal.kemenperin.go.id/pelaku-usaha-ini-ketentuan-penggunaan-label-halal-indonesia-terbaru/

Maju, M., Delaprasta, P., Bandung, C., Rosdakarya, B., & Bandung, M. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Bina Aksara. Jakarta. Baroroh, Ina. 2006. Hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja Pegawai BPPN Jakarta Tahun 2007. Skripsi, Universitas Budiluhur Jakarta Bochner, Richard 2004. Pokok-Pokok Manajemen Organisasi. Diterjemahkan.

Malhotra, N. K., Kim, S. S., & Patil, A. (2006). Common method variance in IS research: A comparison of alternative approaches and a reanalysis of past research. Management science, 52(12), 1865-1883.

Nurbowo, A. A. (2003). Panduan Belanja dan Konsumsi Halal. Jakarta: Khairul Bayan.

Prasolova-Førland, E., & Divitini, M. (2003, November). Collaborative virtual environments for supporting learning communities: an experience of use. In Proceedings of the 2003 ACM International Conference on Supporting Group Work (pp. 58-67).

Qardhawi, Y. (1993). al-Ibadah fi al-Islam. Beirut: Muassasah Risalah.

Rektiansyah, R.R., & Auwalin, I. (2022). Analisis Dampak Kesadaran Halal dan Label Halal terhadap Niat Beli Mie Instan Korea Pada Remaja di Sumenep Melalui Sikap. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan.

Simamora, H. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional Jilid II.

Sugiyono. 2001. Metode penelitian administrasi. Bandung: tarsito

Wandel, M. (1997). Food labeling from a consumer perspective. British food journal, 99(6), 212-219.

Waskito, D. (2015). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan M Akanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Di Yogyakarta).

Yunus, N. S. N. M., Rashid, W. E. W., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim's purchase intention towards non-Muslim's Halal packaged food manufacturer. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 130, 145-154.

www.republika.co.id (www.detik.com). www.bps.go.id (www.halalmui.org).




DOI: https://doi.org/10.24815/jped.v9i2.33417

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________

Indexed by:

 

 

___________________________________________________________

Published by:

Islamic Economics Department 
Economics and Business Faculty
Syiah Kuala University
Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.