Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Zonasi dengan Jalur Prestasi di SMA Negeri 30 Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa melalui penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur zonasi dengan jalur prestasi di SMA Negeri 30 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan metode Proportional Random Sampling. Dari masing-masing kelompok sampel diambil secara proporsional. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas XII jalur zonasi dan jalur prestasi di SMA Negeri 30 Jakarta. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t-test. Berdasarkan hasil pengujian data yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa jalur zonasi dengan siswa jalur prestasi. Hal ini dinyatakan dengan nilai signifikansi 0,093 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak, yang artinya tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap siswa yang diterima melalui PPDB jalur zonasi dengan siswa yang diterima melalui jalur prestasi.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Siswa Jalur Zonasi, Siswa Jalur Prestasi
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta. Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta, CV.
DOI: https://doi.org/10.24815/jpg.v9i1.34594
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Shaquila Shaquila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By:
ISSN 2541-6936 (Print)| ISSN 2808-2834 (Online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Jurnal Pendidikan Geosfer Published by Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpg
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.