Transformasi Politik di Indonesia: Analisis terhadap Peran Media Sosial dalam Partisipasi Politik Generasi Muda
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengeksplorasi peran media sosial dalam partisipasi politik generasi muda di Indonesia. Di era digital ini, media sosial telah menjadi platform penting bagi generasi muda untuk terlibat dalam isu-isu politik dan proses demokrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dan analisis media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki potensi besar untuk meningkatkan partisipasi politik generasi muda. Media sosial menyediakan platform yang mudah diakses dan murah bagi generasi muda untuk mendapatkan informasi, berdiskusi, dan terhubung dengan orang lain yang memiliki minat politik yang sama. Namun, penggunaan media sosial untuk partisipasi politik juga diwarnai tantangan. Penyebaran informasi yang salah dan misinformasi, penyalahgunaan media sosial untuk kepentingan politik, serta keterbatasan akses menjadi hambatan yang perlu diatasi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan literasi media generasi muda, mendorong dialog yang konstruktif di media sosial, dan memperkuat regulasi media sosial untuk memaksimalkan potensi media sosial dalam partisipasi politik generasi muda dan meminimalisir tantangan yang ada. Penelitian ini membuka peluang untuk penelitian lanjutan mengenai dampak jangka panjang media sosial terhadap partisipasi politik generasi muda, pengaruh platform dan jenis konten media sosial yang berbeda, strategi peningkatan partisipasi, studi kasus, dan perbandingan lintas negara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.D. Nugroho, & L Rachmawati. (2020). Peran media sosial dalam partisipasi politik generasi muda di era demokrasi digital. Jurnal Komunikasi, 17(1), 1–18.
Asosiasi Penyelenggara Jaringan Informasi (APJI). (2022). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2022.
Azkiya, N. R., Mahroza, J., Rishdianto, A., & Almubaroq, Z. (2023). Analysis of the Impact of Social Media on the Political Participation of Indonesian Youth in the Perspective of Defense Management 1. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial , 10(7).
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). (2019). Laporan Akhir Pelanggaran Kampanye Pemilu 2019.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Indonesia 2023.
Bennett, W. L., & Segerberg, A. (2012). The logic of connective action: Digital media and the personalization of contentious politics. Information Communication and Society, 15(5). https://doi.org/10.1080/1369118X.2012.670661
Bourdieu, P. (1986). Pierre Bourdieu 1986 - The forms of capital. Handbook of Theory and Research for the Sociology of Education.
Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1). https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00393.x
Chadwick, A., & Howard, P. N. (2013). The Networked Public: Social Media and Political Mobilization. MA: MIT Press.
Faraidiany, M., Sari, N., & Hardiyanti, S. (2022). Polemik Politik Identitas Di Indonesia. In Journal of Political Sphere (JPS) (Vol. 27).
Hargittai, E., & Hsieh, Y. li P. (2010). Predictors and consequences of differentiated practices on social network sites. Information Communication and Society, 13(4). https://doi.org/10.1080/13691181003639866
Henry Jenkins, Sam Ford, & Joshua Green. (2018). Spreadable Media: Creating Value and Meaning in a Networked Culture. NYU Press.
Howard Rheingold. (2007). Smart Mobs: The Next Social Revolution. Basic Books.
J Littler, & P Jackson. (2015). Digital Media, Democracy, and Social Change. Routledge.
Jay G Blumler, & Elihu Katz. (1974). The Uses of Mass Communications: Current Perspectives on Gratifications Research. Sage Publications.
Loader, B. D., Vromen, A., & Xenos, M. A. (2014). The networked young citizen: social media, political participation and civic engagement. In Information Communication and Society (Vol. 17, Issue 2). https://doi.org/10.1080/1369118X.2013.871571
Manuel Castells. (2015). Networks of Outrage and Hope: Social Movements in the Internet Age. Polity Press.
Marwick, A., & Lewis, R. (2017). Media Manipulation and Disinformation Online. Data & Society Research Institute.
M.R. Lampert, & A. Chadwick. (2010). Social Media and Political Information. Oxford University Press.
Muhammad Saud, Ida, R., Abbas, A., Ashfaq, A., & Ahmad, A. R. (2020a). Media Sosial dan Digitalisasi Partisipasi Politik Pada Generasi Muda: Perspektif Indonesia. Society, 8(1).
Muhammad Saud, Ida, R., Abbas, A., Ashfaq, A., & Ahmad, A. R. (2020b). Media Sosial dan Digitalisasi Partisipasi Politik Pada Generasi Muda: Perspektif Indonesia. Society, 8(1).
P.D. Bimantara, P. D., & Mantoro S. (2019). Bimantara, P. D.Media sosial dan partisipasi politik generasi muda: Studi kasus gerakan #2019GantiPresiden di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 221–234.
Peter Dahlgren. (2009). Media and Political Engagement: Citizens, Communication, and Democracy. Cambridge University Press.
Russell J. Dalton. (2020). The Good Citizen: How a Younger Generation is Reshaping American Politics. CQ Press.
S Bradshaw, & P. N. Howard. (2018). Manipulation and the Spread of Misinformation on Social Media. Science, 361(6402), 974–982.
Saud, M., Ida, R., Abbas, A., Ashfaq, A., & Ahmad, A. R. (2020). Peran Media Sosial dan Digitalisasi Partisipasi Politik Pada Generasi Muda. Journal Society, 8(1).
Sidney Verba, Kay Lehman Schlozman, & Henry E. Brady. (1995). Voice and Equality: Civic Voluntarism in American Politics. Harvard University Press.
Skoric, M. M., Zhu, Q., Goh, D., & Pang, N. (2016). Social media and citizen engagement: A meta-analytic review. New Media and Society, 18(9). https://doi.org/10.1177/1461444815616221
Suryo, H., & Aji, H. K. (2020). Media Sosial Dan Pesan Politik (Persepsi Pemilih Pemula Dalam Menerima Pesan Politik Pada Pemilihan Umum 2019 Melalui Media Sosial). Research Fair Unisri, 4(1). https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3390
Valenzuela, S., Park, N., & Kee, K. F. (2009). Is There social capital in a social network site?: Facebook use and college student’s life satisfaction, trust, and participation1. Journal of Computer-Mediated Communication, 14(4). https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2009.01474.x
Weiss, W. (1976). The Uses of Mass Communications: Current Perspectives on Gratification Research (Book Review). Public Opinion Quarterly, 40(1).
Xenos, M., Vromen, A., & Loader, B. D. (2014). The great equalizer? Patterns of social media use and youth political engagement in three advanced democracies. Information Communication and Society, 17(2). https://doi.org/10.1080/1369118X.2013.871318
Yuan, Y., Pang, N., Zhang, Y., & Liu, K. (2023). Which cascade is more decisive in rumor detection on social media: Based on comparison between repost and reply sequences. Knowledge-Based Systems, 278. https://doi.org/10.1016/j.knosys.2023.110857
DOI: https://doi.org/10.24815/jps.v5i1.39517
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurul Fajri, Raihal Fajri, Novi Sulisawati, Helmi Helmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.