Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMAN 8 Banda Aceh

Ernawita Ernawita, Rini Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen dengan desain penelitian Pre-test Post-tes, Nonequivalent Control Grop Desaign. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik SMAN 8 Banda Aceh kelas X dengan jumlah 215 orang dalam 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling, dengan jumlah sampel masing-masing kelas 30 peserta didik. Pengolahan data dari angket motivasi belajar peserta didik dilakukan secara kualitatif, yaitu melalui perhitungan skor angket yang diberikan. Data diperoleh dari hasil isian angket yang lakukan oleh peserta didik dengan penskoran menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar peserta didik pada kriteria sangat setuju sebelum pembelajaran (3,33%) meningkat mencapai (96,7%), berdasarkan n-gain pada kategori tinggi sebelum pembelajaran terlihat (18,75%) meningkat mencapai (50%), berdasarkan indikatorattention (85,13%), relevance (82,78%), convidence (80,09%) danstatisfaction (62,83%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui penerapanmodel pembelajaran kooperatif STAD, hal ini menunjukkan bahwa STAD dapat mempengaruhi peserta didik untuk belajar


Keywords


model kooperatif tipe STAD;motivasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10713

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ernawita Ernawita, Rini Safitri



Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)

ISSN 2338-4379  (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email     : jpsi@usk.ac.id

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.