Pengaruh Problem Based Learning Melalui School Watching Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di SMP

Rizki Zakia, Ibnu Khaldun, Rini Safitri

Abstract


 Tujuan dari kajian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan PBL melalui school watching pada materi asam basa kelas VII SMP PKPU Aceh Besar. kajian ini menggunakan metode quasi exsperiment dengan randomized pretest-posttest group desain. Data dikumpulkan dengan tes tulis dan observasi. Berdasarkan hasil kajian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan PBL melalui school watching  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dari 31 menjadi 77, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 29 menjadi 70. Hasil dari observasi aktivitas belajar pada siswa kelas eksperimen dengan pembelajaran PBL melalui school watching yaitu 89% dengan kategori sangat baik, sedangkan aktivitas belajar pada siswa kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yaitu 79% yang dikategorikan baik.


Keywords


Problem Based Learning; School Watching; Aktivitas dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10748

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rizki Zakia, Ibnu Khaldun, Rini Safitri



Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)

ISSN 2338-4379  (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email     : jpsi@usk.ac.id

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.