Analisis Kompetensi TPACK pada Media Pembelajaran Guru Biologi SMA
Abstract
Abstrak. Tecnnology pedagogycal and content knowledge (TPACK) merupakan kompetensi abad 21 yang harus dikuasai oleh guru. Telah banyak penelitian yang dilakukan tentang TPACK namun menghubungkan TPACK dengan media pembelajaran masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi TPACK pada media pembelajaran guru Biologi SMA. Penelitian dilaksanakan pada seluruh SMA negeri yang ada di Kota Tanjungpinang sebanyak 7 SMA Negeri dengan sampel sejumlah 22 guru biologi. Prosedur penelitian diawali koordinasi awal dengan pihak sekolah dan kesepakatan jadwal penelitian, dilanjutkan dengan penyusunan instrumen dan pelaksanaan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket terbuka yang berisi sesuai dengan aspek TPACK terdiri atas Tecnologycal Knowledge dan Pedagogycal Content Knowledge. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru biologi sebagian besar telah memanfaatkan media dalam pembelajarannya dan juga memiliki kemampuan yang sederhana dalam mendesain media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimanfaatkan dan didesain sebagian besar baru berupa powerpoint. Kompetensi TPACK untuk aspek TK berada pada kategori sangat baik, begitu juga untuk aspek PCK guru biologi SMA kota Tanjungpinang berada pada kategori sangat baik. Kompetensi TPACK pada media pembelajaran guru biologi SMA kota Tanjungpinang baru sebatas memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi yang sederhana dan mudah untuk digunakan serta mudah dalam pengembangan dan mendesain.
Kata kunci: guru biologi SMA, media pembelajaran, TK, PCK, kompetensi TPACK
Abstrack. Pedagogycal technology and content knowledge (TPACK) is a 21st century competence that must be mastered by the teacher. There have many studies conducted on TPACK but connecting TPACK with learning media is still limited. This study aims to analyze TPACK competence at learning media Biology high school teachers in Tanjung Pinang City. It was conducted in 7 senior high schools in Tanjungpinang City with 22 biology teachers as a samples. Procedure started by coordination with the school and an agreement of tstudy schedule, followed by preparation of instrument and implementation of the study. This study used open questionnaires in accordance with aspects of TPACK such as Tecnologycal Knowledge and Pedagogycal Content Knowledge. The results of this study indicate that most biology teachers have used the media in their learning and also have a simple ability to design instructional media. The learning media that are utilized and designed are mostly new in the form of powerpoints. TPACK of biology teachers is in the excellent category for TK, as well as for PCK category Tanjungpinang city high school biology teacher is in the very good category. TPACK competence in the learning media of biology teachers in Tanjung Pinang City is only limited for utilizing simple technology-based learning media easy to use ,easy to develop and design.
Keywords: High school biology teacher; Learning media; TK; PCK; TPACK competency
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, S. 2017. Problema Guru dalam Pengembangan Media
Pembelajaran. Jurnal Itqan, 8 (2):145-167
Akturk, A.O. & Ozturk, H.S. 2019. Teachers TPACK Levels and Students Self-efficacy as Predictors of Students Academic Achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1):283-294
Abdullah, R. 2016. Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1):35-49
Andriani, M.R. & Wahyudi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1):143-157
Astatin, G.R. & Nurcahyo, H. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flashuntuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi pada Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2):165-176
Astiti, K.A. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Andi.
Chai, C.S., Koh, J. H.L., & Tsai, C.C. 2013. A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. Educational Technology & Society, 16 (2):31-51
Desstya, A. 2018. Validitas Reliabilitas Instrument Technologycal Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Sekolah Dasar Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Basic Of Education, 03(01):126-139
Ekayani, N, L, P. 2017. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Artikel jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PendidikanGanesha.https://www.researchgate.net/profile/Putu_Ekayani/publication /315105651
Halidi, H.M, dkk. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sdn Model Terpadu Madani Palu. Jurnal: Mitra Sains, 3(1):53-60
Hidayat, A. 2018. Kemampuan Tpack (Technological Paedagogical And Content Knowledge) Guru Biologi Kelas X Sma Negeri Se- Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.(Skripsi,Universitas Muhammadiyah Surakarta) http://eprints.ums.ac.id/id/ eprint/68154.
Kusumaningsih, Y.R., Iswahyudi, C. & Susanti, E. 2014. Pengembangan Model Laboratorium Virtual Sebagai Solusi Keterbatasan Sumber Daya Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), Yogyakarta.
Lestari, S. 2016. Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada Guru Biologi SMA dalam Materi Sistem Saraf. (Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia) http://repository.upi.edu/id/eprint/23119.
Malik, S. dkk. 2018. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) with Information and Communication Technology (ICT) Integration:A Literature Review. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 299:498-503
Mishra, P., & Koehler, M, J. 2006. Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6):1017-1054
Mishra, P., & Koehler, M, J. 2008. Introducing Technological Pedagogical Content Knowledge. Paper presented at the Annual Meeting of the American Educational Research Association New York City
Nofrion, dkk. 2018. Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Geografi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jurnal Geografi, 10(2):105-116
Nursamsu. & Kusnafizal, T. 2017. Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT (Information and CommunicationTechnology) Sebagai Alat Bantu Komputer Multimedia untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Serta Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3):351-355
Nevrita. 2018. The Use Of Learning Media By Junior High School Teachers Of Science In Tanjungpinang And Bintan. Jurnal SEEDs, 2(1):1-8
Quddus, A., Hamid, T., & Kasli, E. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Laboratorium Nyata Dan Laboratorium Virtual. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1):122-127
Rasid, M. dkk. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistim Indera Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2):69-80
Riduan, & Sunarto. 2011. Pengantar Statistik Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rosyid, A., L.N. Firdaus. & Hernandez, Y. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia Di Era Mea. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan: FKIP UNS.
Rusmiyati, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus melalui Bimbingan dan Supervisi di SD Negeri 1 Kalinanas. JPI: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1):131-137
Septianova, B.S.F. & Rusiyanto. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual Dan Dengan Menggunakan Media Konvensional. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 17(2):62-67
Situmorang, R. P. & Andayani, E.P. 2019. Penggunaan Media Animasi Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Assimilation: Indonesia Journal of Biology Education, 2(1):35-41
Srisawasdi, N. 2012. The role of TPACK in physics classroom: case studies of preservice physics teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences 46.
Suryawati, E., Firdaus., & Hernandez, Y. 2014. Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis, 11(1):67-72
Susanti, R. 2014. Pembelajaran Model Examples Non Examples Berbantuan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2):123-127
Wagiran. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Deepublish.
DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16709
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nevrita nevrita
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.