Analisis Kesiapan Guru Fisika dan Matematika dalam Pembelajaran Daring
Abstract
Kelangsungan pendidikan selama pandemi ini tergantung pada berbagai faktor, salah satunya kesiapan guru. Dengan diberlakunya belajar dari rumah, guru difokuskan untuk menerapkan pembelajaran daring kepada siswa dengan memanfaatkan aplikasi/platform yang tersedia untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Persoalan yang muncul adalah apakah sekolah-sekolah di Aceh Utara beserta sumber dayanya sudah memiliki kesiapan untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran daring, dan sudah mampukah guru-guru di sekolah menyiapkan diri untuk mengimplementasikan pembelajaran daring. maka perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai analisis kesiapan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran daring di sekolah se Aceh Utara. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan di seluruh guru di Aceh Utara khusunya guru bidang IPA dan Matematika yang berjumlah 100 orang. Penelitian ini menggunakan alat ukur kesiapan yang dikemukakan oleh Aydin dan Tasci yang memiliki beberapa kriteria yang menjadi acuan dalam penilaian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa skor rata-rata kesiapan guru dalam implementasi pembelajaran daring adalah 3,91. Berdasarkan kriteria yang ada maka kesiapan guru matematika dan guru fisika di Kabupaten Aceh Utara dalam penerapan pembelajaran daring adalah siap namun memerlukan sedikit peningkatan kemampuan dari guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Aspek kesiapan guru dalam penerapan pembelajaran daring yang memerlukan peningkatan kemampuan dalam skala menengah, diantaranya yaitu kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring yang dapat meningkatkan proses belajar mengajar, kepeduliaan guru dalam penerapan pembelajaran daring di sekolah dan kemampuan untuk memadukan pembelajaran daring dengan pembelajaran di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Cerezo, R., Bogarín, A., Esteban, M., & Romero, C. (2020). Process mining for self-regulated learning assessment in e-learning. Journal of Computing in Higher Education, 32(1), 74–88. https://doi.org/10.1007/s12528-019-09225-y
Collie, R. J., Shapka, J. D., & Perry, N. E. (2011). Predicting teacher commitment: The impact of school climate and social-emotional learning. Psychology in the Schools, 48(10), 1034–1048. https://doi.org/10.1002/pits.20611
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020.
Fitri, H., & Putra, R. B. (2019). THE IMPACT OF LEARNING CULTURE ON READINESS TO ONLINE LEARNING THROUGH LEARNING SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLE IN THE INDUSTRIAL ERA 4.0. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7(3), 309–316. https://doi.org/10.31846/jae.v7i3.248
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). RANCANGAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING. JURNAL PETIK, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Di Smk Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 16. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13561
Kaur, K., & Zoraini Wati, A. (2004). An assessment of e-learning readiness at open university malaysia. In: International conference on computers in education. Elsevier, 1017–1022. http://library.oum.edu.my/repository/id/eprint/115
Kustiani, I., & Despa, D. (2019). Persepsi Peserta Program PS PPI Unila Mengenai Aplikasi Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Keinsinyuran, 2(3), 122–124. https://doi.org/10.20527/bpi.v2i3.55
Rini Kristiantari. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2), 2303–288. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4462
So, T., & Swatman, P. M. C. (2006). e-Learning readiness of Hong Kong teachers. Hong Kong IT in Education Conference, February, 6–8. http://blog.uny.ac.id/nurhadi/files/2010/08/swatman-hongkong.pdf
Sriadhi, Khaerudin, Wahyuningtyas, N., Darni, Zainul, R., Adri, M., Rusdinal, Nasrun, Rahmulyani, Nuranjani, Nurmaniah, Wedi, A., Surahman, E., Aisyah, E. N., Oktaviani, H. I., Sri Martini Meilanie, R., Purnamawati, S. N., Hapidin, Listyasari, W. D., … Adnan, E. (2020). Development of Moodle-based Content Learning System in MKDK Student Development Subjects at LPTK in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1594/1/012021
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Syarifudin, A. S. (2020). IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI DAMPAK DITERAPKANNYA SOCIAL DISTANCING. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Villarica, M. V. (2016). LSPU Main Campus E E-learning learning Readiness Assessment. Research Journal of Computer and Information Technology Sciences, 4(9), 14–21.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/JPPG.V1I1.12462
Zacharo, K., Marios, K., & Dimitra, P. (2018). Connection of teachers’ organizational commitment and transformational leadership. A case study from Greece. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 17(8), 89–106. https://doi.org/10.26803/ijlter.17.8.6
Zakariyah, A., & Hamid, A. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Berbasis Online di Rumah. Intizar, 26(1). https://doi.org/10.19109/INTIZAR.V26I1.5892
Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Journal UIN- Alauddin, V(2), 274–285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480
DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19162
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fajriana Fajriana, Safriana Safriana
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.