Kelayakan Media Booklet Sawi Dayak (Elephantopus mollis Kunth) pada Pembelajaran Biologi Mahasiswa

Ruqiah Ganda Putri Panjaitan*, Andi Besse Tenriawaru

Abstract


Learning media can be arranged based on the results of literature studies from research on an object. This study aims to determine the feasibility of learning media booklet sawi dayak (Elephantopus mollis Kunth). The stages in this research include the stage of collecting information through a literature study on the efficacy of the mustard mustard plant, the booklet preparation stage, the booklet validation stage, and the booklet revision stage in accordance with the suggestions from the validators. Aspects that are assessed in the feasibility test are aspects of format, content, and language. The results of the validation were then analyzed using Gregory's calculations. The results of data analysis show that the aspects of format, content, and language each get a value of 1.00 and the average of these three aspects is 1.00 with a very high validity category. It is concluded that this booklet media can be used as a learning medium

Keywords


booklet; learning media; feasibility

Full Text:

PDF

References


Amir, M., Muris, & Arsyad, M. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pengalaman pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 11(3):202–213.

Apriani, R., Harun, A.I., Erlina, Sahputra, R., & Ulfah, M. 2021. Pengembangan modul berbasis multiple representasi dengan bantuan teknologi augmented reality untuk membantu siswa memahami konsep ikatan kimia. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 5(4):305-330.

Arif, A. & Tahir, H. 2018. Penerapan strategi problem based learning (PBL) terintegrasi model pembelajaran kooperatif peer mediated instruction and intervention (PMII) tipe class wide peer tutoring (CWPT) dalam upaya meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar mahasiswa biologi. Celebes Biodiversitas, 1(2):11–18.

Ariyanto, A., Priyayi, D.F., & Dewi, L. 2018. Penggunan media pembelajaran biologi di sekolah menengah atas (SMA) swasta Salatiga. Bioedukasi, 9(1):1-13.

Babinčáková, M. & Bernard, P. 2020. Online experimentation during covid-19 secondary school closures: teaching methods and student perceptions. Journal of Chemical Education, 97(9):3295-3300.

Djannah, S.N., Sulistyawati, S., Sukesi, T.W., Mulasari, S.A., & Tentama, F. 2020. Audiovisual media to improve sexual-reproduction health knowledge among adolescent. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1):138-143.

Fransisca, M. 2017. Pengujian validitas, praktikalitas, dan efektivitas media e-learning di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1):17-22.

Gonibala, A., Pikoli, M., & Kilo, A.L. 2019. Validitas perangkat pembelajaran materi ikatan kimia berbasis model pembelajaran pemaknaan untuk melatihkan sensitivitas moral siswa SMA. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(1):1-6.

Gregory, R.J. 2011. Tes psikologi: sejarah, prinsip dan aplikasi. Edisi keenam Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Hamka, D. & Effendi, N. 2019. Pengembangan media pembelajaran blended learning berbasis edmodo pada mata kuliah fisika dasar di program studi pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1):19-33.

Istifarida, B., Santoso, S., & Yusup, Y. 2017. Pengembangan e-book berbasis problem based learning-GIS untuk meningkatkan kecakapan berfikir keruangan. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2):134–149.

Khairunnisa, F. & Mayrita, H. 2019. Evaluasi komponen kelayakan isi buku ajar bahasa Indonesia: kesesuaian materi dengan kurikulum. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1):408-416.

Kurniawan, M.R. 2017. Analisis karakter media pembelajaran berdasarkan gaya belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(1):491–506.

Kurniawati, E., Hartanto, & Zamzaili. 2017. Pengaruh model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction (ARIAS) integratif dan kemampuan awal dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Menengah Pertama di Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2):174–187.

Lestari, W.M., Ariani, T., & Gumay, O.P.U. 2018. Pengembangan bahan ajar fisika berbasis scientific approach. Science and Physics Educational Journal, 2(1):18-29.

Linda, R., Zulfarina, & Putra, T.P. 2021. Peningkatan kemandirian dan hasil belajar peserta didik melalui implementasi e-modul interaktif IPA terpadu tipe connected pada materi energi SMP/MTs. Science and Physics Educational Journal, 2(1):18-29.

Mustaqim, I. & Kurniawan, N. 2017. Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1):36-48.

Muswita, Yelianty, U., Intan, A., & Kusuma, L. 2020. Pengembangan booklet tumbuhan paku di Taman Hutan Raya Sultan Thahah Syaifuddin sebagai bahan pengayaan mata kuliah taksonomi tumbuhan. Biodik, 6(1):58-75.

Nevrita, Asikin, N., & Amelia, T. 2020. Analisis kompetensi TPACK pada media pembelajaran guru biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2):203-217.

Nuraini & Waluyo, E. 2021. Pengembangan desain instruksional model Project Based Learning terintegrasi keterampilan proses sains untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 5(1):101-111.

Nurdiyanti, Wajdi, M., & Fadhilah, N. 2022. Validitas dan kepraktisan modul digital berbasis socio scientific issue. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 6(1):33-44.

Panjaitan, R.G.P., Titin, & Wahyuni, E.S. 2021. Kelayakan booklet inventarisasi tumbuhan berkhasiat obat sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1):11-12.

Panjaitan, R.G.P., Titin, & Wahyuni, E.S. 2021. Kelayakan media pembelajaran booklet buah Hyphaene thebaeca (L.) Mart. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(1):125-137.

Panjaitan, R.G.P., Wahyuni, E.S., & Mega, M. 2019. Film dokumenter sebagai media pembelajaran submateri zat aditif. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2):52–59.

Paramita, R., Panjaitan, R.G.P., & Ariyati, E. 2018. Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2):83-88.

Pratama, H., Eliwatis & Fajar, N. 2019. Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis android pada materi sistem regulasi untuk siswa SMA/MA. Jurnal Sains dan Teknologi, 10(2):43-56.

Rizawayani, Sari, S.A., & Safitri, R. 2017. Pengembangan media poster pada materi struktur atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1):127–133.

Salyani, R., Amsal, A., & Zulyani, R. 2018. Pengembangan buku saku pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks) di MAN Model Banda Aceh. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1):7–14.

Sari, A., Linda, R., & Lovadi, I. 2015. Pemanfaatan tumbuhan obat pada masyarakat suku dayak Jangkang Tanjung di Desa Ribau Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Protobiont, 4(2):1-8.

Sari, A.P. & Setiawan, A. 2018. The development of internet based economic learning media using moodle approach. International Journal of Active Learning, 3(2):100- 109.

Sari, N., Suryanti, K., Manurung, S.M., & Sintia, S. 2017. Analisis penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi peserta didik terhadap pembelajaran fisika kelas XI MIPA 1 SMA Titian Teras Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 3(2):110–112.

Sari, S.A. & Harahap, N.F.A. 2021. Development of comic-based learning on reaction rate for learning to be more interesting and improving student’s learning outcomes. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1):151-167.

Supriyono, 2018. Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1):43-48.

Tafanao, T. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2):103-114.

Tatang, L., Victor, F., Uwan, S., & Miden, SM. 2010. Kalimantan: bumi yang kaya makanan. Pontianak: Institut Dayakologi.

Turrahmi, N., Yahya, F., & Erfan, M. 2018. Pengembangan media pembelajaran video berbasis microsoft office power point pada materi objek IPA dan pengamatannya untuk SMP kelas VII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika dan Teknologi, 1(1):1-10.

Wahyuni, S., Ridlo, Z.R., & Rina, D.N. 2022. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi tata surya. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 6(2):99-110.

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. 2020. Pengembangan media video berbasis powtoon pada mata pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2):269–279.

Zubair, Suleman, S.M., Ramadhanil. 2019. Studi etnobotani tumbuhan obat pada masyarakat kaili rai di Desa Wombo Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Biocelebes, 13(2):182-194.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26034

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Andi Besse Tenriawaru



Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)

ISSN 2338-4379  (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email     : jpsi@usk.ac.id

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.