Identification of Students' Misconceptions and Understanding on Thermochemistry Material with Four-Tier Multiple-Choice Tests
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirah, G., & Mahartika, I. 2023. Penuntun Praktikum Termokimia Berbasis Augmented Reality: Kajian Eefektivitas Media. Journal of Natural Science Learning, 02(02), 83–89. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JNSL
Anggrayni, S., & Ermawati, F. U. 2019. The validity of Four-Tier’s misconception diagnostic test for Work and Energy concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012037
Ayu Lestari, E., Susilaningsih, E., & Nanik Wijayati. 2021. Analisis Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnosa Three-Tier Multiple Choice pada Materi Stoikiometri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2824–2830.
Byusa, E., Kampire, E., & Mwesigye, A. R. 2022. Game-based learning approach on students’ motivation and understanding of chemistry concepts: A systematic review of literature. In Heliyon (Vol. 8, Issue 5). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09541
Damsi, M., & Suyanto, S. 2023. Systematic Literature Review: Multiple-tier Diagnostic Instruments in Measuring Student Chemistry Misconceptions. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 8–21. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.2600
Fakhriyah, F., & Masfuah, S. 2021. The Development of a Four Tier-Based Diagnostic Test Diagnostic Assessment on Science Concept Course. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012069
Fariyani, Q., & Rusilowati, A. 2015. Pengembangan Four-Tier Dagnostic Test untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. In JISE (Vol. 4, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Fatah, A. H., Asi, N. B., Anggraeni, M. E., Wulandari, A., & Latif, A. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Dasar Berbasis Web Pada Pokok Bahasan Termokimia. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 56–64. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.122
Fatmawati, Yusrizal, & Hasibuan, A. M. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. ESJ (Elementary School Journal), 11(2).
Grace, H., Elisabet V, M., & Khoiri, N. 2022. Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Elektrolit Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(2), 79. https://doi.org/10.21009/JRPK.122.02
Haerunnisa, H., Prasetyaningsih, P., & Biru, L. T. 2022. Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Konsep Getaran dan Gelombang. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 428–433. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.428-433
Harahap, L. K., & Siregar, A. D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 10(01), 2549–1597. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps
Harling, V. N. Van. 2021. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Kimia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3332–3338. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1215
Hidayanti, F. 2021. KIMIA DASAR: Konsep Materi.
Imaduddin, M. 2018. Analisis Miskonsepsi Submikroskopik Konsep Larutan Pada Calon Guru Kimia. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(2).
Jannah, R., & Refelita, F. 2023. Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Koloid. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(02), 736–747. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i02.821
Jusniar, J., Effendy, E., Budiasih, E., & Sutrisno, S. 2020. Developing a three-tier diagnostic instrument on chemical equilibrium (TT-DICE). Educacion Quimica, 31(3), 84–102. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2020.3.72133
Jusniar, J., Effendy, E., Budiasih, E., & Sutrisno, S. 2020. Misconceptions in rate of reaction and their impact on misconceptions in chemical equilibrium. European Journal of Educational Research, 9(4), 1405–1423. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1405
Kendek, I. 2023. Study Literatur: Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Kimia. Chemistry Education Journal Arfak Chem, 6(1), 495–502. http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/accej
Khairaty, N. I., Taiyeb, A. M., & Hartati. 2018. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah dengan Menggunakan Three-Tier Test di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Bontonompo. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 7–13.
Kinasih, S., & Sinaga, K. 2020. Kajian Penerapan Teori Pembelajaran Bermakna Ausubel Berdasarkan Perspektif Alkitabiah pada Materi Hidrokarbon. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 141–153. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2128
Kurniawan, R., Hendracipta, N., & Adya, R. 2023. Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Matematika. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 169–178. https://doi.org/10.32670/coopetition
Lestari, L., Aprilia, L., Fortuna, N., Cahyo, R. N., Fitriani, S., Mulyana, Y., & Kusumaningtyas, P. 2023. Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.15008
Merlin, Limatahu, N. A., Cipta, I., & Muin, F. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Tutoring dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 1 Pulau Morotai. Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU), 3(1), 1–9.
Mu’arikha, & Qomariyah, N. 2020. Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Pencernaan dengan Menggunakan Three-Tier Test pada Siswa Kelas XI SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(2), 179–185. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Nelson, D. L., & Cox, M. M. 2017. Lehninger Principles of Biochemistry (7th edition). Freeman.
Nurhayati, S., & Natasukma, M. M. 2019. Profil Miskonsepsi Peserta Didik pada Pembelajaran Multirepresentasi Materi Asam Basa Melalui Model Blended Learning. CiE, 8(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
Nurulwati, N., & Rahmadani, A. 2020. Perbandingan Hasil Diagnostik Miskonsepsi Menggunakan Threetier dan Fourtier Diagnostic Test pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 101–110. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14436
Petrucci, R. H., Herring, F. G., Madura, J. D., & Bissonnette, C. 2017. General chemistry : principles and modern applications (Eleventh Edition). Pearson.
Putri, R. S., Wigati, I., & Laksono, P. J. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Miskonsepsi Siswa pada Materi Asam dan Basa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia.
Rahma, F. I. 2019. Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 14(2).
Ramdina Putri, T., Rahmatullah, S., & Irwansyah, F. S. 2023. Pembuatan Game Edukatif Berbasis Android pada Materi Kesetimbangan Kimia Making an Android-Based Educational Game on Chemical Equilibrium Material. Gunung Djati Conference Series, 20, 16–24. https://conferences.uinsgd.ac.id/
Rokhim, D. A., Rahayu, S., & Dasna, W. 2023. Analisis Miskonsepsi Kimia dan Instrumen Diagnosisnya: Literatur Review. In JIPK (Vol. 17, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK
Setianingsih, N. 2023. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Kimia Hijau. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(3).
Soeharto, S., & Csapó, B. 2022. Exploring Indonesian student misconceptions in science concepts. Heliyon, 8(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10720
Suprapto, N. 2020. Do We Experience Misconceptions?: An Ontological Review of Misconceptions in Science. 1(2), 50–55. https://doi.org/10.46627/sipose
Wahyuningtyas, W., Sumarti, S. S., Susilaningsih, E., & Wijayati, N. 2020. Analisis Miskonsepsi Asam Basa Menggunakan Instrumen Diagnostic Test Terintegrasi Multirepresentasi Berbasis Web. CiE, 9(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
Wicaksono, A. G. 2022. Johnstone’s Levels of Representation in Science Learning. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pembelajaran Sains, 8(1), 19–26.
Widarti, H. R., Permanasari, A., Mulyani, S., Rokhim, D. A., & Habiddin. 2021. Multiple Representation-Based Learning through Cognitive Dissonance Strategy to Reduce Student’s Misconceptions in Volumetric Analysis. TEM Journal, 10(3), 1263–1273. https://doi.org/10.18421/TEM103-33
Zarkasih Nur, A., & Markos Siahaan, S. 2023. Kajian Literatur: Penggunaan Asesmen Diagnostik Berformat Four-Tier untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep dan Miskonsepsi. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v12i1.34899
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Kholifatur Rosyidah
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.