ANALISIS MISKONSEPSI DAN UPAYA REMEDIASI PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE DAN PhET SIMULATION DI SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi di kalangan siswa SMA terhadap materi listrik dinamis dan upaya remediasinya dengan menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire dan simulasi berbasis PhET. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada SMAN Unggul Tunas Bangsa Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel penelitian terdiri dari kelas X putih sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Lectora inspire dan simulasi berbasis PhET, kelas X merah sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire dan simulasi berbasis PhET. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase miskonsepsi siswa kelas eksperimen 20% dengan kategori sangat rendah dan kelas kontrol 41% dengan kategori sedang. Media pembelajaran Lectora Inspire pada materi listrik dinamis yang didesain diinterprestasikan sangat layak digunakan berdasarkan uji kelayakan media dengan persentase total sebesar 84%. Keterlaksanaan model pembelajaran pada pertemuan I, II dan III berturut-turut sebesar 90%, 90% dan 87,5% dengan kriteria sangat baik. Nilai gain ternormalisasi kelas eksperimen 0,57 dan kelas kontrol 0,36 yang berarti peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, namun kedua kelas tergolong kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya remediasi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire dan simulasi berbasis PhET dapat menurunkan kuantitas miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi listrik dinamis.
Keywords
Miskonsepsi, Lectora Inspire, simulasi berbasis PhET, listrik dinamis, pemahaman konsep
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.