PENERAPAN MODEL TPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA SMAN 1 KLUET UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model think pair share (TPS) terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kluet Utara dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep. Data dianalisis menggunakan software Microsoft Office Excel dan uji t (2-pihak). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis secara signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model TPS dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional (thit = 3,708; α = 0,05), (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep secara signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model TPS dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional (thit = 3,273; α = 0,05).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.