PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA NEGERI 2 BANDAR BARU

Vega Soraya, Ibnu Khaldun, Abdul Halim

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif teams individualization (TAI) terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari kemampuan matematika siswa pada pokok bahasan listrik dinamis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen research dengan desain non-equivalent control group design”. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling (sampel acak kelompok). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol pada SMA Negeri 2 Bandar Baru tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan tes keterampilan proses sains. Pengolahan data dilakukan dengan uji N-Gain. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest keterampilan proses sains untuk kelas eksperimen dan kontrol masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Selanjutnya, setelah penerapan model pembelajaran kooperatif TAI persentase nilai rata-rata posttest keterampilan proses sains meningkat untuk kelas eksperimen 70,5 dan rata-rata gain pada kelas eksperimen dikategorikan sedang, khususnya pada indikator keterampilan menerapkan konsep yang berhubungan dengan kinerja matematik. Skor pretest pada kedua kelas tidak terjadi perbedaan yang signifikan sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif TAI. Sedangkan,  untuk skor posttest terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif TAI. Kemudian untuk  N-Gain diperoleh thitung > ttabel (2,060 > 2,023) dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif TAI lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, atau dengan kata lain model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan keterampilan proses sains ditinjau dari kemampuan matematika siswa.

Keywords


Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Matematika, Pembelajaran Kooperatif TAI, Listrik Dinamis

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia



Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)

ISSN 2338-4379  (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala 
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email     : jpsi@usk.ac.id

  

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.