Meningkatan Motivasi Dan Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Basa Dengan Metoda Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep siswa Dengan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing serta memperoleh gambaran respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilakukan pada tiga sekolah yaitu SMAN 1 Meulaboh, SMAN 3 Meulaboh dan SMAN 1 meureubo. Desain penelitian dilakukan dengan pretest dan posttest untuk motivasi dan penguasaan konsep pada siswa kelas XI IPA semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk motivasi dan penguasaan konsep dan angket respon siswa terhadap model pembelajarn inkuiri terbimbing. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dari ketiga sekolah skor rata-rata dari pretest ke posttest meningkat, N-gain SMAN 1 Meulaboh 70% dengan katagori tinggi, N-gain SMAN 3 Meulaboh 69% katagori sedang, N-gain SMAN 1 Meureubo 68% katagori sedang. Dari angket respon siswa memberi tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep siswa.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN 2338-4379 (print) | 2615-840X (online)
Organized by Universitas Syiah Kuala
Published by Master of Science Education Study Program Graduate School Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Website : http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Email : jpsi@usk.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.